Breaking News:

Kuliner

Jangan Tolo dan Ayam Goreng Mbah Kebo di Kulonprogo yang Bikin Kangen Mampir

Jangan (sayur) tolo dan ayam goreng Mbah Kebo di Kulonprogo ini memang selalu bikin kangen mampir.

Tribun Jogja/ Hamim Thohari
Jangan (sayur) tholo Mbah Kebo plus ayam goreng Mbah Kebo di Kulonprogo, Yogyakarta. 

Laporan Wartawan Tribun Jogja, Hamim Thohari

TRIBUNNEWS.COM, KULONPROGO - Menjelang pukul 12.00 sebuah bangunan rumah sederhana berarsitektur Jawa di dusun Jambon, Desa Donomulyo, Kecamatan Nanggulan, Kabupaten Kulonproho ramai didatangi sejumlah orang.

Mereka datang untuk makan siang di rumah yang sekaligus dijadikan warung makan oleh Sumiyati (60).

Meskipun berada di desa yang cukup jauh dari keramaian, sekitar 25 kilometer sebelah barat dari pusat Kota Yogyakarta, tetapi warung makan bernama Warung Makan "Mbah Kebo" ini selalu ramai didatangi pelanggannya.

Adalah jangan/ sayur tolo dan ayam goreng kampung yang membuat setiap orang ingin kembali setelah makan di warung makan tersebut.

Sayur tolo bercita rasa pedas tersebut adalah "jangan ndeso" yang saat ini cukup sulit ditemukan di tempat lain.

Sayur tolo pedas khas Mbah Kebo ini, berisikan kacang tolo, daun so (mlinjo), tempe semanget dipotong kecil-kecil, cabai dan kuah santan kelapa yang gurih.


Ayam goreng Mbah Kebo.

Menu itu disajikan setiap hari secara turun temurun sampai sekarang, dan Sumiyati adalah generasi ketiga yang meneruskan usaha warung makan tersebut.

"Dulu yang pertama jualan jangan tolo adalah Mbah saya yang bernama Mbah Sumodrono, kemudian diteruskan oleh bapak saya (Mangunwiyono), dan saat ini gantian saya yang jualan. Saya sendiri sudah lebih dari 30 tahun meneruskan usaha ini. Jadi mungkin warung ini sudah ada hampir 100 tahun," ujar Sumiyati dalam bahasa Jawa.

Selain sayur tolo, di warung tersebut juga menyediakan beberapa jenis sayur lain, seperti besengek tempe-tahu, dan sayur tahu-tempe bercita rasa gurih (tidak pedas).

Halaman
123
Editor: Agung Budi Santoso
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved