Wisata Jakarta

Snorkeling di Kepulauan Seribu, Ini Anjuran dan Segala Pantangan yang Sebaiknya Dipatuhi

Snorkeling di pulau-pulau indah di gugusan Kepulauan Seribu jelas asyik. Tapi Anda sebaiknya mematuhi anjuran dan pantangannya. Apa saja?

Ganendra/ Kompasiana.com
Wisatawan sedang asyik snorkeling di salah satu di gugusan Kepulauan Seribu. 

TRIBUNNEWS.COM - Takjub, sekumpulan ikan warna-warni menghampiri, entah datang dari mana. Ikan aneka jenis yang lucu dan berbadan penuh warna itu mengerubungi remah roti tawar yang kupegang. Berebutan. Persis seperti kasih makan ayam.

Begitu dekat dan sangat dekat. Namun jangan bermimpi bisa menangkapnya. Ikan-ikan berukuran 2-3 jari itu, gerakannya gesit dan super lincah.

Dan nampak sekali, mereka tidak takut dengan aku dan teman-teman. Terkesan akrab, seperti ‘kawan lama’ heheeee.

Aku tidak bermaksud memberi makan ikan sebenarnya. Karena tujuanku ke laut dangkal Pulau Putri di Kepulauan seribu ini hanya untuk berlatih dan ‘mengenal’ kembali dengan air laut. Berlatih?

Iya, pasalnya aku dah lama banget tak main air laut alias berenang. Jadi agak kaku neh badan hahaa. Nah di pantai Pulau Putri itu, airnya dangkal, yaaa sekitar pinggang sampai dada ketinggiannya. Pasirnya putih, namun polos alias tak ada terumbu karang.


Aktivitas snorkeling di Kepulauan Seribu (Tribunnews.com/ Reynas Abdila)

Namun cocok banget untuk berlatih tadi. Kenapa mesti berlatih? Iya, khan aku mau snorkeling di pulau-pulau sekitaran Pulau Harapan, Kepulauan Seribu ini. jadi perlu beradaptasi dengan peralatannya seperti kaki katak yang bikin ribet kalau berjalan di air. Heheee

Maret 2015 aku dapet paket wisata dari Kompasiana sebagai hadiah menang dalam suatu event otomotif. Paket wisata 2 malam, 3 hari di Pulau Harapan.

Terus terang momen ke Pulau Harapan itu adalah kali pertama aku mengunjungi Kepulauan Seribu yang mulai merangkak naik namanya dengan destinasi wisata baharinya.

Banyaknya pulau-pulau kecil di salah satu kabupaten DKI Jakarta ini menyimpan beragam daya tarik wisata. Sunset, pantai aneka rupa, wisata mancing, permaianan air laut dan tentu saja Snorkeling!

Pulau Harapan merupakan bagian dari Kec. Kepulauan Seribu Utara. Ada 30-an pulau.

Konon dulunya disebut Pulau Pelemparan, pasalnya lokasi ini dijadikan tempat pengasingan bagi masyarakat suku Bugis dari Sulawesi.

Kabarnya aktivitas wisata di Pulau Harapan mulai menggeliat sejak 2012. Tepatnya setahun setelah pulau ini dialiri listrik selama 24 jam nonstop melalui kabel laut pada awal 2011.

Pulau Harapan menjadi salah satu pulau wisata nan mempesona selain, Pulau Tidung, Pulau Pramuka, Pulau Bidadari dan banyak lagi.

Yaaa pulau-pulau Pesona Indonesia yang menarik untuk dikunjungi khususnya warga Jakarta sekitarnya. Pasalnya mudah dijangkau dari Ibukota dengan menggunakan transportasi air dari Pelabuhan Muara Angke dan Marina Ancol. Kedua pelabuhan tersebut bisa menjadi pilihan, bedanya di tarifnya.


Wisatawan bersenang-senang di salah satu pulau di Gugusan Kepulauan Seribu (Tribunnews.com/ Reynas Abdila)
Halaman
1234
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved