Breaking News:

Wisata Jateng

Jauh Dari Habitat Aslinya di Brasil, Ikan Arapaima Ini Justru Berbiak Meraksasa di Semarang

Jauh dari habitat aslinya di Brasil, ini arapaima ini justru berbiak meraksasa di Ungaran, Semarang.

amazingoasis.org
Ikan arapaima 

TRIBUNNEWS.COM - Sedikitnya sebelas ekor ikan Arapaima bisa bertahan hidup di danau buatan di Agrowisata Sidomuncul, Ungaran, Kabupaten Semarang.

Meski jauh dari habitat aslinya di Sungai Amazon, Brasil namun salah satu ikan spesies air tawar tersebut bisa hidup bahkan berkembang dengan baik berkat pemeliharaan yang baik dan pemberian nutrisi ternak organik.

"Pertama kali kita pelihara panjangnya 40 sentimeter, sekarang sudah sepuluh tahun mencapai 2,4 meter dan 3,5 meter. Itu saya pikir tergolong besar dan jarang ditemui di Indonesia bahkan dunia," ungkap CEO PT Sidomuncul Pupuk NUsantara (SMPN), Sofyan Hidayat, Minggu (29/11/2015) siang.

Kesebelas ekor Arapaima tersebut awalnya semua dipelihara di danau buatan seluas 1.500 meter persegi dengan kedalaman sekitar 5 meter.


Ikan arapaima dengan ukuran jumbo di Agrowisata Sidomuncul, Bergas, Ungaran, Kabupaten Semarang. (Kompas.com/ Syahrul Munir)

Namun, karena banyaknya pengunjung Agrowisata yang penasaran ingin melihat ikan Arapaima, pihak Sidomuncul kemudian membangun sebuah aquarium raksasa didekat danau tersebut.

Kemudian pengelola memindahkan tiga diantaranya di dalam aquarium sehingga para pengunjung bisa melihatnya berenang di dalam air dengan jelas.

Namun sayang, saat proses pemindahan tersebut satu ekor Arapaima mati, sehingga jumlahnya berkurang menjadi sepuluh ekor.

"Sekarang tinggal 10 ekor, karena saat akan dipindahkan ke akuarium mati satu ekor. Waktu akan dikeringkan ternyata di dalam perutnya ada telurnya, namun telur tidak bisa diselamatkan," terangnya. (Syahrul Munir)


Saksikan video Kontes Ikan Cupang Terindah di dunia, digelar di BSD City Serpong

Video ikan dimasak hidup-hidup

Meredam Stres dengan Memandang akuarium


Editor: Agung Budi Santoso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved