Breaking News:

Travel Tips

Tips untuk Penyandang Disabilitas yang Naik Pesawat Tanpa Pendamping

Penyandang disabilitas yang ingin naik pesawat sendirian sebaiknya melalukan beberapa persiapan.

THESUN.CO.UK
Ilustrasi peredupan cahaya lampu kabin pesawat. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Penyandang disabilitas yang ingin naik pesawat sendirian sebaiknya melalukan beberapa persiapan.

Anggota Majelis Pertimbangan Daerah Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia Jakarta Selatan Rafik Akbar kepada KompasTravel berbagi kiat-kiat bagi penyandang disabilitas yang ingin menggunakan moda transportasi penerbangan.

Tiba di bandara

Saat tiba di bandara, usahakan untuk mencari petugas bandara seperti satuan pengamanan (satpam) atau costumer service untuk diarahkan ke area check-in. Petugas bandara akan membantu mengarahkan masuk ke dalam area check-in.


Ilustrasi kabin

Saat check-in

Jelaskan kepada petugas di counter bahwa Anda adalah penyandang disabilitas. Berikanlah informasi terkait disabilitas tersebut. Setelahcheck-in, tanyakan fasilitas pengantaran menuju ruang tunggu keberangkatan dan masuk ke dalam pesawat.

Minta pendampingan yang tepat

Setiap penyandang disabilitas memiliki jenis yang berbeda. Ketika akan didampingi oleh petugas maskapai penerbangan atau bandara, mintalah pendampingan yang tepat sesuai dengan jenis disabilitas. Misalnya tuna netra, mintalah pendampingan seperti dituntun untuk menunjukkan jalan.

Perhatikan instruksi awak kabin

Halaman
12
Editor: Malvyandie Haryadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved