Breaking News:

Wisata Jabar

Baru Tahu Kan Kalau Bandung Punya Batik Khas? Motifnya Seperti Ini

Tak hanya Cirebon, ini dia batik khas Bandung.

Kompas.com/ Jonathan Adrian
Salah satu motif batik khas Bandung, yakni motif Pasupati digabungkan dengan buka patrakomala, karya Rumah Batik Komar, Bandung. (Kompas.com/ Jonathan Adrian ) 

TRIBUNNEWS.COM - Motif batik khas Jawa Barat yang populer selama ini seringnya berasal dari Cirebon.

Tetapi, diam-diam, Bandung ternyata memiliki motif batik khasnya sendiri.

Di tangan Haji Komarudin Kudiya, gambar Jembatan Pasupati, angklung, dan bunga patrakomala (Caesalpinia pulcherrima) bisa diubah menjadi motif batik khas Bandung. Motif-motif ini kemudian diproduksi di Rumah Batik Komar.

“Ada motif khas Bandung, seperti motif Pasupati dikombinasikan dengan bunga patrakomala,” ujar Humas Batik Komar, Raesita di Rumah Batik Komar, Sabtu (25/4/2016)

Ada dua jenis motif batik yang ditunjukan Raesita, pertama kombinasi motif Jembatan Pasupati dengan bunga patrakomala, kemudian ada juga motif angklung dikombinasikan dengan bunga Patrakomala.


Bunga patrakomala sendiri adalah bunga khas Bandung yang lazimnya berwarna merah dengan tepian kuning.

Pengunjung dapat menemukan motif batik ini di Rumah Batik Komar, Jl. Sumbawa 22, Bandung. Harga setiap batik berkisar dari Rp 75.000 – Rp 10.750.000, bergantung pada bahan, ukuran, dan cara pembuatannya.

Rumah Batik Komar buka setiap hari, mulai pukul 08:00-17:00 WIB. Selain belanja batik, pengunjung juga dapat membeli ragam asesoris hingga belajar membatik.  (Jonathan Adrian/ Kompas.com )

Editor: Agung Budi Santoso
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Produk Populer

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved