Breaking News:

Pengembangan SDM

Serunya Berpetualang ke Cepu, Kota Minyak Indonesia

Cepu adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Blora yang terkenal sejak zaman Belanda karena memiliki cadangan minyak bumi yang sangat besar.

BizzInsight
Penulis: BizzInsight

TRIBUNNEWS.COM – Menyebut nama Cepu, hampir semua masyarakat Indonesia tidak asing dengan namanya. Ya, Cepu adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Blora yang terkenal sejak zaman Belanda karena memiliki cadangan minyak bumi yang sangat besar.

Ditilik dari riwayat sejarahnya, Cepu sangatlah istimewa. Pada masa kolonial Belanda dulu, Cepu merupakan kota penting karena kandungan minyak dan juga ribuan hektar hutan jati yang dimilikinya. Saking istimewanya, di Cepu terdapat sumur minyak tertua ketiga di negeri ini.

Sejak zaman penjajahan Belanda, kegiatan eksplorasi dan eksploitasi minyak bumi sudah dilakukan di Cepu.

Keunikan inilah yang membuat Cepu bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik, apalagi bagi mereka yang menginginkan jenis liburan yang tak biasa.

Kota Cepu dapat ditempuh melalui jalan darat atau kereta api. Dan terbukti banyak sekali tempat yang bisa menarik yang bisa didatangi jika Anda  berkunjung ke Cepu.

Misalnya saja jika ingin berswafoto, Anda bisa mengunjungi Monumen Kilometer 0 Cepu Pertamina. Monumen ini merupakan penanda jejak sejarah eksplorasi minyak di Cepu dan menjadi tempat ikonik di tempat ini.

Walaupun bertuliskan “Kilometer 0 Cepu Pertamina”, monumen ini bukanlah titik awal penanda berdirinya daerah Cepu. Walaupun begitu, monumen ini menjadi tempat wajib yang harus Anda kunjungi jika berada di Cepu.

Jangan lupakan juga mengunjungi Monumen Pumping Unit Pertamina. Berada di lokasi yang sama dengan Monumen Kilometer 0 Cepu Pertamina, pada monumen ini terdapat pompa angguk, yakni pompa yang menarik minyak mentah dari dalam perut bumi.

Jadi Tempat Menuntut Ilmu

Selain jadi tempat wisata yang menarik, Cepu juga menjadi tempat yang tepat untuk mendalami ilmu tentang minyak dan gas bumi.

Di sini terdapat Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas), sebuah instansi pemerintah dibawah BPSDM Kementerian ESDM yang memberikan pendidikan dan pelatihan bagi mereka yang telah berpengalaman maupun yang belum berpengalaman di dunia perminyakan.

Cepu memang tepat untuk menimba ilmu di dunia perminyakan, terutama bagi mereka yang ingin memiliki skill dan kompetensi khusus di bidang migas, baik di sektor hulu, hilir maupun penunjangnya.

Untuk menunjang kegiatan akademik, PPSDM Migas dilengkapi sejumlah sarana dan prasarana praktek, antara lain Laboratorium Kimia, Laboratorium Minyak Bumi, Laboratorium Eksplorasi & Geologi, Laboratorium Lindungan Lingkungan, Laboratorium Teknik Sipil, Inspeksi & Metalurgi, Pemeriksaan/Pengujian Hasil Las, Bengkel Mekanik (Jasa Handling Crane & Forklift), Kalibrasi Peralatan serta kilang.

Dengan mengusung tagline Bridging Your Success, PPSDM Migas berharap ke depan mampu melahirkan tenaga siap pakai di bidang industri migas sekaligus kompeten, handal dan terpercaya.

Pendek kata, PPSDM Migas di Cepu siap menghadirkan tenaga profesional di bidang energi yang siap membangun negeri dan meraih karier sukses di industri migas nasional.

Penulis: Firda Fitri Yanda/Editor: Choirul Arifin

KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved