Breaking News:

Mengenal Kudapan Khas Pakistan

Pakistan memiliki kuliner yang khas dan beragam, yang kaya akan bumbu dan rempah-rempahnya.

Tribunnews.com/Ria Anatasia
Kudapan khas Pakistan, yakni Channa dan Puri. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ria Anatasia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kedutaan Besar Pakistan di Jakarta merayakan hari kemerdekaan Pakistan yang ke-73 pada Selasa (14/8/2018).

Dalam perayaan itu, Dubes Pakistan untuk RI Abdul Salik Khan sebagai tuan rumah menyuguhkan kudapan khas asal negeri yang memiliki populasi muslim terbesar kedua setelah Indonesia.

"Selamat Hari Kemerdekaan Nasional untuk Pakistan dan Indonesia dalam tiga hari mendatang. Silakan cicipi hidangan khas kami," kata Khan usai berpidato di kantor Kedubes Pakistan di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan.

Pakistan memiliki kuliner yang khas dan beragam, yang kaya akan bumbu dan rempah-rempahnya.

Khan mengatakan, setiap hidangan tradisional memiliki cita rasa yang unik dan menyimpan sejarah mendalam yang menghubungkan satu provinsi dengan yang lainnya di negara tersebut.

Berikut lima kudapan yang disajikan saat perayaan hari kemerdekaan Pakistan di Indonesia.

1. Samosa
Makanan ini berisi daging ayam, cabai hijau, dan sayuran lainnya yang dibungkus kulit pangsit. Ketika digigit, samosa terasa gurih dan renyah, cocok bagi orang Indonesia yang gemar makan gorengan.

2. Channa
Channa berarti kacang arab, dan ini adalah salah satu camilan yang paling dicintai di Pakistan. Makanan ini terbuat dari campuran buncis dengan berbagai sayuran, seperti tomat dan bawang, yang dibubuhi saus asam manis. 

3. Puri
Puri adalah sejenis adonan tepung yang digoreng dengan minyak sedikit hingga berbentuk bulat tipis seperti kulit kebab. Kudapan ini cocok untuk dicampurkan saus maupun sirup. 

4. Biryani
Dimasak dengan beragam rempah-rempah, sofiyani biryani merupakan hidangan berupa nasi yang populer di sejumlah negara di Asia Selatan, salah satunya Pakistan.

5. Kheer
Kalau yang satu ini cocok dijadikan sebagai makanan penutup atau dessert. Kheer adalah pudding yang berbahan nasi, gula dan susu.

Kudapan khas Pakistan
Kudapan khas Pakistan, yakni Kheer atau pudding beras.

Makanan kaya serat ini sering kali disantap sebagai menu untuk buka puasa di sana. Untuk menambah kelezatannya, Anda bisa menambahkan topping kurma, kacang almond dan lainnya.(*)
 

Penulis: Ria anatasia
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved