Breaking News:

Ramai Naiknya Harga Tiket Pesawat, Alvin Lie: Banyak Penumpang LCC Sudah Terbiasa dengan Tarif Murah

Anggota Ombudsman RI ini melanjutkan, tarif tiket pesawat yang dikeluhkan masyarakat sebenarnya tidak ada yang melanggar aturan.

Penulis: Ria anatasia
TRIBUNNEWS/RIA ANASTASIA
Pengamat penerbangan Alvin Lie di acara diskusi di Jakarta, Selasa (15/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ria Anatasia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat penerbangan Alvin Lie mengatakan, polemik soal melambungnya harga tiket pesawat ini mencuat akibat banyaknya masyarakat yang menikmati layanan pesawat berbiaya murah atau low cost carrier (LCC).

Menurut Alvin, penumpang LCC sudah terbiasa dengan tarif tiket murah.

"Komplain terbanyak ini mereka yang terbiasa menggunakan LCC. Biasanya mereka mendapatkan harga murah (maskapai) banting harga di kisaran harga bawah, kemudian sekarang mendekati harga keekonomian," ucap Alvin dalam diskusi bersama asosiasi maskapai penerbangan nasional INACA di Jakarta, Selasa (15/1/2019).

Anggota Ombudsman RI ini melanjutkan, tarif tiket pesawat yang dikeluhkan masyarakat sebenarnya tidak ada yang melanggar aturan.

Baca: Tanggapan Sejumlah Pihak Soal Pidato Prabowo: Bantahan Dirut Garuda hingga Durasi Terlalu Panjang

"Setelah kami cermati tidak ada satu airline pun yang melanggar tarif batas atas dan bawah dan peraturan UU tidak ada yang dilanggar," jelasnya.

Menurut Alvin, Garuda Indonesia dijadikan patokan dalam penentuan harga oleh maskapai penerbangan lainnya. Hal itu, kata dia, yang menyebabkan kenaikan harga tiket pesawat terjadi secara serentak.

Alvin menerangkan, selama ini kondisi finansial sejumlah maskapai penerbangan sedang kritis. Maskapai penerbangan berbiaya murah akhirnya perlu putar otak mencari sumber pendapatan lain guna menyelamatkan perusahaan.

"Garuda ini price leader. Kalau Garuda tidak naik, mereka juga sudah gelagapan kesulitan keuangan. Saya yakin kalau belum kesulitan keuangan, LCC tak akan lakukan bagasi berbayar itu karena mereka butuh income," jelasnya.

Alvin meminta agar pemerintah bisa menengahi kebutuhan antara para pelaku usaha di industri penerbangan dan konsumen.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved