Resmikan PJU TS di Gua Londa Bersama Kementerian ESDM, Bupati Toraja Utara: Kami Sangat Butuh

Kabupaten Toraja Utara siap mendukung pengembangan pariwisata nasional yang menargetkan untuk mendatangkan 20 juta turis

Resmikan PJU TS di Gua Londa Bersama Kementerian ESDM, Bupati Toraja Utara: Kami Sangat Butuh
Gita Irawan/Tribunnews.com
Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan (kanan) bersama Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Kementerian ESDM Sudjatmiko (kiri) usai persemian PJU TS di Toraja Utara, Sulawesi Selatan pada Kamis (21/3/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, TORAJA UTARA - Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan menilai Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya yang dipasang di 40 titik sekitar obyek wisata di Toraja Utara oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral sangatlah bermanfaat bagi masyarakat khususnya untuk meningkatkan pariwisata.

Hal itu disampaikannya saat sambutan Peresmian Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU - TS) di Toraja Utara, Sulawesi Selatan pada Kamis (21/3/2019).

"Kami sangat membutuhkannya. Oleh karena itu kami sungguh bangga bahwa penerangan umum tenaga surya ini telah hadir di Kabupaten Toraja Utara dan itu sebagai langkah awal yang baik," kata Paembonan.

Ia juga meminta kepada Staf Khusus Menteri ESDM Eddi Hariyadhi dan Staf Ahli DPR RI Komisi VII Yervis Pakan yang hadir dalam acara tersebut untuk meneruskan permohonannya untuk penambahan PJU TS khususnya di lokasi wisata.

"Saya mohon ada penambahan lagi karena daerah ini sungguh-sungguh membutuhkan. Di malam hari daerah ini tidak begitu terang seperti yang diharapkan. Padahal banyak turis-turis mancanegara di sini yang mengharapkan PJU TS ini untuk penerangan daerah pariwisata Toraja Utara," kata Paembonan.

Ia pun mengatakan, Kabupaten Toraja Utara siap mendukung pengembangan pariwisata nasional yang menargetkan untuk mendatangkan 20 juta turis mancanegara ke Indonesia pada 2019.

"Kami di Toraja Utara ini siap dukung pengembangan pariwisata nasional yang mendapat tugas penting dari pemerintah untuk tahun 2019 mendatangkan turis ke Indonesia 20 juta orang. Dan kami di Toraja Utara ingin berkontribusi walaupun tidak terlalu signifikan. Tapi tahun 2018 lalu kami sudah mendatangkan 150 ribu turis mancanegara," kata Paembonan.

Baca: Menhub Evaluasi Keluhan dari Kaum Difabel Terkait MRT

Baca: Di Hadapan Seribuan Pengusaha, Prabowo Beberkan Kriteria Para Kabinetnya Bila Jadi Presiden

Untuk itu, ia juga berharap tahun ini Bandara Buntu Kunik di Toraja dapat segera selesai dan beroperasi.

"Kami pun berharap tahun ini Bandara Buntu Kunik Toraja selesai. Sehingga turis mancanegara bisa tiba di sini," kata Paembonan.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi meresmikan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya di 40 titik sekitar obyek wisata pekuburan gua Londa, Toraja Utara, Sulawesi Selatan pada Kamis (21/3/2019).

Dalam kesempatan itu hadir pula Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Kementerian ESDM Sudjatmiko, Staf Ahli Komisi XVII DPR RI Yervis Pakan, Ketua DPRD Kabupaten Toraja Utara Stefanus Mangatta, Asisten 1 Bupati Tana Toraja, dan sejumlah tokoh yang ikut meninjau PJU TS tersebut.

PJU TS tersebut dipasang di empat puluh titik jalan di sekitar obyek wisata Goa Londa, Desa Sangbua, Kesu', Toraja Utara, Sulawesi Selatan yang belum ada penerangannya.

Daerah di sekitar Goa Londa juga banyak yang tampak masih berupa kebun berpohon lebat dan persawahan.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved