Menpar Hadiri Rapat Pengembangan Pariwisata Kabupaten Bandung

Menteri Pariwisata Arief Yahya melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (17/5/2019). Dalam kunjungan tersebut, Arief menghadi

Menpar Hadiri Rapat Pengembangan Pariwisata Kabupaten Bandung
Kemenpar
Menteri Pariwisata Arief Yahya 

Menteri Pariwisata Arief Yahya melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (17/5/2019). Dalam kunjungan tersebut, Arief menghadiri rapat koordinasi pengembangan pariwisata Kabupaten Bandung di Gedung Moch Toha, Pemkab Bandung.

Menurut Arief, Kabupaten Bandung dengan geografis pegunungan memiliki potensi wisata alam atau agrowisata yang sangat besar.

Iklim yang sejuk dan nuansa agriwisata yang natural menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

"Banyak atraksi dan amenitas salah satunya berupa Nomadic Tourism di Kabupaten Bandung, hal ini menjadikan wisatawan tertarik untuk datang berwisata," kata Arief.

Arief melanjutkan, Kementerian Pariwisata juga beberapa waktu lalu memberi apresiasi dan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Bandung sebagai destinasi Wisata Halal Unggulan pada acara Wonderfull Indonesia Halal Tourism Meeting and Conference & Penganugerahan Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) 2019.

Destinasi wisata halal di Kabupatan Bandung berada di kawasan Bandung selatan, yaitu Pacira (Pasirjambu, Ciwidey, Rancabali) dan kawasan Bandung utara yaitu Cileunyi, Cilengkrang dan Cimenyan.

"Oleh karena itu, perlu upaya untuk melaksanakan program percepatan Pengembangan Pariwisata Kabupaten Bandung," ujar Arief.

Lokasi wisata di Kabupaten Bandung sendiri diklasifikasikan menjadi tiga, yaitu wisata alam, wisata budaya, dan wisata buatan. Untuk wisata alam, Kabupaten bandung memiliki Kawah Putih Ciwidey dan Situ Patenggang yang sudah dikenal masyarakat luas.

Wisata budaya di Kabupaten Bandung, terdapat Kampung Adat Mahmud di Desa Mekar Rahayu, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung.

Di kampung ini menjadi awal sejarah penyebaran agama Islam di kota Bandung dan sekitarnya. Selain itu, wisata budaya juga ada di Kampung Adat Cikondang di Desa Lamajang, Kecamatan Pangalengan.

Untuk wisatawan yang tertarik memperlajari budaya adat masyarakat Jawa Barat, bisa mendatangi Kampung Adat Cikondang yang masih melestarikan warisan budaya leluhur.

Sedangkan wisata buatan, Kabupaten Bandung memiliki Bukit Jamur Ciwidey yang berlokasi di kaki Gunung Tilu dan Patuha. Di Bukit Jamur Ciwidey, wisatawan dapat menikmati pemandangan hijau pohon cemara berbentuk menyerupai jamur raksasa.

Berdasarkan data, kunjungan wisatawan nusantara tahun 2019, untuk daya tarik wisata akomodasi sebanyak 161 ribu, dan untuk daya tarik wisata sejumlah 1.900 ribu. Total terdapat 2.061 ribu wisatawan yang mengunjungi Kabupaten Bandung.(*)

Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved