Jarang Diketahui Penumpang, Inilah Kode Maskapai Penerbangan Indonesia yang Ada di Boarding Pass

Inilah kode maskapai penerbangan yang ada di Indonesia baik maskapai penerbangan lokal Indonesia maupun maskapai penerbangan internasional

Jarang Diketahui Penumpang, Inilah Kode Maskapai Penerbangan Indonesia yang Ada di Boarding Pass
Kemenpar
Garuda Indonesia 

TRIBUNNEWS.COM - Mengenal kode maskapai penerbangan yang ada di Indonesia baik maskapai penerbangan lokal Indonesia maupun maskapai penerbangan internasional

Kode penerbangan maskapai ini pada umumnya terdiri atas dua huruf yang juga sering disebut "two letters code."

Kode ini juga yang akan digunakan pada kode penjadwalan penerbangan yang kemudian diikuti nomor penerbangan berdasarkan tujuan penerbangan.

Kode maskapai penerbangan ini diatur oleh organisasi bernama IATA (International Air Transport Association) dan juga ICAO (International Civil Aviation Organization).

Baik IATA maupun ICAO adalah asosiasi pengangkutan udara internasional yang mengatur seluruh maskapai penerbangan di dunia.

Perbedaannya dalah ICAO berfungsi untuk mengeluarkan aturan internasional yang ditetapkan sebagai dasar peraturan penerbangan yang berfokus pada aspek teknis dan hukum.

Sedangkan IATA bertujuan dalam segi ekonomi seperti penetapan harga, jadwal secara internasional yang berguna untuk mewujudkan persaingan sehat dalam dunia penerbangan.

Berikut kode pesawat yang biasa kamu temui dalam penerbangan di Indonesia baik maskapai penerbangan lokal maupun maskapai penerbangan internasional

Maskapai Penerbangan (IATA/ICAO)

Aviastar Mandiri MV / VIT
Airfast Indonesia FS / AFE
Air China CA / CCA
AirAsia (internasional) AK / AXM
AirAsia (Indonesia) QZ / AWQ

HALAMAN SELANJUTNYA >>>>>

Editor: Arif Setyabudi Santoso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved