Angkat Budaya Lokal, AKCF 2019 Digelar Meriah

Rangkaian agenda menarik itu dikemas dalam event bertajuk Anyer Krakatau Culture Festival (AKCF) 2019 yang belangsung dari Juli hingga Oktober mendata

Angkat Budaya Lokal, AKCF 2019 Digelar Meriah
Istimewa
Festival Silat Kaserangan menjadi salah satu agenda yang ditunggu-tunggu oleh peserta. Peserta Festival Silat Kaserangan tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. 

TRIBUNNEWS.COM - Berbagai event menarik dalam rangkaian HUT Kabupaten Serang ke-493 dipastikan berjalan meriah. Rangkaian agenda menarik itu dikemas dalam event bertajuk Anyer Krakatau Culture Festival (AKCF) 2019 yang belangsung dari Juli hingga Oktober mendatang.

Berbagai rangkaian kegiatan telah disiapkan untuk memeriahkan acara tahunan yang juga bertujuan untuk promosi pariwisata Kabupaten Serang.

Salah satu rangkaian kegiatan AKCF 2019 sudah dimulai dengan kegiatan Fun Bike yang bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Banten, beberapa waktu lalu.

Beberapa kegiatan lainnya yang akan digelar, yakni lomba kicau burung, Bendolan Pamarayan, Festival Silat Kaserangan Piala Bupati, Ngagurah Dano, lomba foto dan vlog, Selat Sunda Fishing Competition, Anyer RoloR Fun Run 10 K, Anyer Surfing Competition, Anyer Krakatau Beach Race, dan Anyer Krakatau Adventure Destinations.

Baca: Usai Mediasi di Kemendagri, ‎Wali Kota Tangerang: Namanya Manusia Tempatnya Salah

Baca: Wasekjen PDIP: Pimpinan MPR Selanjutnya Harus Representasikan Spektrum Politik Nasional

Baca: Persija Jakarta Hadapi PSM Makassar Peluang Steven Paulle Tampil Cukup Besar

Festival Silat Kaserangan menjadi salah satu agenda yang ditunggu-tunggu oleh peserta. Peserta Festival Silat Kaserangan tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

Jika sebelumnya diikuti oleh perwakilan paguron, tetapi tahun ini dari siswa sekolah menengah pertama (SMP) dan madrasah tsanawiyah (MTs) perwakilan kecamatan di Kabupaten Serang. Sedianya 1.500 pesilat akan memeriahkan festival silat ini.

Festival Silat Kaserangan merupakan upaya pemerintah dalam menjaga dan mewarisi budaya lokal kepada generasi muda.

Apalagi, Silat Kaserangan sudah diajarkan di sekolah-sekolah dan menjadi pelajaran muatan lokal atau mulok. Jurus ini menjadi simbol persatuan para pendekar silat di Kabupaten Serang.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nurcahyati mengatakan, Anyer Krakatau Culture Festival (AKCF) 2019 sebagai satu sarana untuk meningkatkan kunjungan wisata di Kabupaten Serang, terutama kawasan Anyer. Apalagi, akhir tahun 2018 wisata Anyer mengalami penurunan pengunjung lantaran tersapu bencana Tsunami Selat Sunda.

“AKCF jadi momen bagi wisata di Kabupaten Serang untuk kembali bangkit, terutama Pantai Anyer yang selama ini masuk dalam kategori destinasi favorit,” papar Eneng.

Eneng menegaskna, AKCF telah mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata. Bahkan, Pemerintah Kabupaten Serang sudah memaparkan rangkaian AKCF 2019 kepada Menteri Pariwisata Arief Yahya.[]

Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved