Viral 'Skin to Skin' Pendaki di Gunung Rinjani, Ini 3 Kasus Pendaki Hipotermia di Gunung Indonesia

Dalam unggahan itu disebutkan untuk mengatasi hipotermia, korban harus ditangani dengan cara skin to skin atau disetubuhi.

Viral 'Skin to Skin' Pendaki di Gunung Rinjani, Ini 3 Kasus Pendaki Hipotermia di Gunung Indonesia
TRIBUN JATENG/WAHYU SULISTIYAWAN
Sejumlah pendaki melintasi jalur terjal menuju puncak Gunung Rinjani, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (30/12/2014). Puncak Gunung Rinjani menjadi tujuan para pendaki dari berbagai daerah dan negara untuk merayakan pergantian tahun 2015. 

TRIBUNNEWS.COM - Jagat media sosial diramaikan dengan kasus pendaki hipotermia di Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Dalam unggahan itu disebutkan untuk mengatasi hipotermia, korban harus ditangani dengan cara skin to skin atau disetubuhi.

Cerita pendaki Gunung Rinjani hipotermia
Cerita pendaki Gunung Rinjani hipotermia (IST)

Padahal, skin to skin yang dimaksud bukan dengan cara disetubuhi.

Adi Seno Sosromulyono, anggota senior Mapala Universitas Indonesia mengatakan saat terjadi hipotermia, skin to skin bisa dilakukan tapi tidak dengan disetubuhi.

Metode skin to skin dilakukan jika keadaan sudah parah.

“Cukup berpelukan dalam kantong tidur atau selimut agar panas tubuh penyelamat berpindah ke penyintas atau penderita. Tapi metode ini dipilih jika sudah parah saja,” kata Adi Seno saat dihubungi Kompas.com, Selasa (23/7/2019).

Itupun dilakukan dengan sesama jenis saja.

Senada dengan Adi Seno, akun Instagram pendaki gunung Indonesia @urban.hikers mengatakan, menyetubuhi bukanlah cara yang tepat untuk mengatasi hipotermia.

"Soal menyetubuhi teman yang terkena Hipotermia? Jawabannya adalah TIDAK TEPAT," tulis akun Instagram @urban.hikers dalam unggahannya, Minggu (14/7/2019).

Dalam unggahan itu pula, akun Instagram @urban.hikers menyebutkan, terdapat banyak cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi hipotermia.

HALAMAN SELANJUTNYA >>>

Editor: Sinta Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved