Mengenal Lebih Dekat Stadion Utama Gelora Bung Karno, Lokasi Laga Timnas Indonesia vs Malaysia

Gelora Bung Karno pertama kali dibuka pada 1962 dan menjadi lokasi perhelataan Asian Games ke IV.

Mengenal Lebih Dekat Stadion Utama Gelora Bung Karno, Lokasi Laga Timnas Indonesia vs Malaysia
Tribunnews/Abdul Majid
Suasana Stadion Utama Gelora Bung Karno saat laga Persija vs Arema FC, Sabtu (3/8/2019). 

TRIBUNNEWS.COM - Laga Timnas Indonesia vs Malaysia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022 telah berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada Kamis (5/9/2019) pukul 19.30 WIB.

Dalam laga perdana kualifikasi Grup G Piala Dunia 2022 Zona Asia, Malaysia berhasil mengalahkan Indonesia dengan skor 3-2.

Gelora Bung Karno pertama kali dibuka pada 1962 dan menjadi lokasi perhelataan Asian Games ke IV.

Dinamakan 'Bung Karno' sebagai penghormatan untuk Soekarno, Presiden pertama Republik Indonesia yang juga memprakarsai pembangunan kompleks olahraga untuk Asian Games ke IV.

Saat itu, upacara pembukaan Asian Games ke IV pada 1962 dilaksanakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno yang dihadiri oleh lebih dari 110.000 orang.

Setahun kemudian dilaksanakan GANEFO (Games of The New Emergencing Forces) ke-1 pada 1963.

Dengan selesainya pembangunan Gelanggang Olahraga Bung Karno pada saat itu membuktikan bangsa Indonesia mampu melaksanakan pembangunan sebuah komplek olahraga bertaraf international yang pada masa itu belum banyak dimiliki oleh negara maju.

Seiring dengan perkembangan zaman, maka di komplek Gelora Bung Karno dilaksanakan berbagai pembangunan fasilitas olahraga maupun fasilitas pendukung lainnya.

Dukungan kepada dunia olahraga menjadi fokus dan perhatian di mana Gelora Bung Karno telah menanamkan dan tidak kurang Rp 1 triliun dalam bentuk berbagai prasarana dan sarana serta fasilitas lainnya sebagai bentuk sumbangsih kepada dunia olahraga.

Tidak mengherankan jika Stadion Utama Gelora Bung Karno menjadi salah satu stadion terbesar dan tertua di Jakarta dan Indonesia, bahkan juga salah satu yang terbesar di Asia Tenggara.

HALAMAN SELANJUTNYA >>>

Editor: Sinta Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved