Jangan Sok Ngaku Penyuka Pedas Kalau Belum Nyicip 4 Makanan Ini!

Label 'pedas' belum afdal kalau kamu belum mencicipi 4 makanan di bawah ini!

Jangan Sok Ngaku Penyuka Pedas Kalau Belum Nyicip 4 Makanan Ini!
Shutterstock
Ilustrasi penyuka makanan pedas. 

TRIBUNNEWS.COM - Sejak dulu, cabai dan rempah telah jadi primadona bagi kuliner nusantara. Hampir semua wilayah di Indonesia memiliki kuliner pedas khas setempat. Dengan kata lain, kamu nggak bisa pisahkan rasa pedas dari lidah orang Indonesia, termasuk kamu.

Oleh orang-orang terdekat, kamu dijuluki si pemuja pedas. Makanan jadi kurang asyik kalau nggak pedas. Alhasil, setiap kudapan wajib dilahap dengan cabai dan sambal. Kalau perlu, kamu akan memesan makanan dengan level kepedasan paling dewa.

Oke, kamu boleh mengklaim sebagai pencinta pedas. Tapi, label diri tersebut belum afdal kalau kamu belum mencicipi 4 makanan di bawah ini.

Seblak

indomie-140120-1

Siapa pun kayaknya sepakat kalau Bandung adalah surga makanan. Salah satu yang hype adalah seblak, makanan yang terbuat dari kerupuk yang direbus dan ditumis bersama kencur, bawang putih, cabai, dan bumbu lainnya.

Selain bercita rasa autentik,  seblak biasanya dipadukan dengan berbagai topping, seperti telur, sosis, bakso, mie, makaroni, siomay, batagor, hingga ceker.

FYI, jajanan khas Jawa Barat ini nggak hanya populer di tataran kaki lima saja, lho. Faktanya, seblak sudah merambah hingga ke menu level bintang lima. Misalnya, pada November 2019 lalu, seblak dipamerkan pada festival kuliner "Ayo Makan by Marriott Bonvoy Street Food Festival" yang dibuat oleh para koki andal  The Westin jakarta.

Nggak sebatas itu saja, menu seblak juga sudah menjelajah ke dapur berbagai restoran ternama. Sebut saja mie rebus seblak di Warunk Upnormal atau seblak di Ayam Presto Balphus, Jakarta.

Di ibu kota sendiri, seblak adalah pemuas perut kesukaan warga. Beragam kedai seblak yang populer dan terjamin lezatnya adalah Seblak Lobster di Seblak Jeletot Mpok Adek, Seblak sumsum di OTW Streetfood, hingga Seblak Seafood Mozzarella di Warung Gelo, Jakarta. 

Selain itu, seblak juga bisa dikreasikan menjadi berbagai varian makanan, seperti keripik dan rasa bumbu. Inilah alasan lain mengapa seblak layak dinobatkan sebagai kuliner yang hype abis.

Oseng Mercon

indomie-140120-2

Nggak usah ngaku jagoan pedas kalau belum nyicip kuliner Yoogyakarta satu ini: oseng mercon. Mendengar namanya saja bikin lidah kamu bergetar. 

Tampaknya, kiasan ini nggak berlebihan, pasalnya oseng mercon disajikan dengan cabai yang jumlahnya melebihi setengah massa tetelan sapi per sajian. Ini, sih, sama saja dengan makan cabai pakai daging sapi.

Beberapa rekomendasi oseng mercon yang nikmat di Yogyakarta adalah Oseng Mercon Bu Narti, Oseng Mercon Mas Toni, dan Oseng Mercon 62.

Ceker Pedas

indomie-140120-3

Bahan masakan yang banyak diolah dengan bumbu pedas adalah ceker. Di Jawa Timur, masakan ceker pedas ini sungguh terkenal karena dimakan bersama bumbu pedas yang melimpah.

Ceker yang bertekstur kenyal ini disantap dengan bumbu pedas yang kuat yang bikin pencinta pedas ketagihan.

Kalau kamu jalan-jalan ke Jawa Timur, jangan lupa mampir ke Ceker Glintung, Malang, Ceker Setan di Malang, dan Ceker Laphindo Asli di Sidoarjo.

Bakso Mercon

indomie-140120-4

Buat para penggila pedas, bakso mercon wajib masuk dalam list makanan favorit. Sesuai namanya, bakso mercon memang siap untuk meledakkan mulut kamu. Setiap butirnya hadir dengan isian sambal cabai rawit.

Jangan menilai bakso mercon dari tampilan luarnya. Meski terlihat seperti bakso biasa, saat dibelah kamu akan melihat irisan cabai rawit—bahkan cabai yang masih utuh jika kamu beruntung—yang melimpah keluar.

Tertantang mencoba bakso mercon? Berbagai rekomendasi bakso mercon super pedas di jakarta adalah Bakso Mercon Pakde Roso, Bakso Rusuk Joss, dan Bakso Babeh Udin.

So, berhenti mengaku sebagai pencinta pedas yang kafah kalau belum mencicipi empat makanan hype di atas. Jadi, apa makanan pedas hype favorit kamu? 

Editor: Advertorial
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved