Breaking News:

Idul Adha 2020

Menghilangkan Bau Daging Kambing Kurban dengan Aneka Rempah

Untuk mengurangi bau pada daging kambing kurban bisa dilakukan dengan cara mudah yakni rebus kambing dengan campuran rempah-rempahan.

Istimewa
Anggota karang taruna yang tergabung dalam Heppiii Community Lumajang membuat wadah daging kurban dari bahan gedebok pisang. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Daging kurban dari kambing yang disembelih memiliki bau khas yang susah dihilangkan. Bau daging kambing ini jugalah yang membuat sebagian orang malas mengonsumsi daging kambing kurban.

Untuk mengurangi bau pada daging kambing kurban bisa dilakukan dengan cara mudah yakni rebus kambing dengan campuran rempah-rempahan.

Chef Stefu Santoso, Executive Chef Aprez Catering by Amuz Group dan President of Association of Culinary Professionals menyebutkan rempah-rempahan yang bisa jadi penghilang bau diantaranya jahe, sereh, cengkeh dan kayu manis.

"Bau khas kambing memang cukup kuat, mau mengurangi bau tersebut harus dimasak dengan banyak rempah dan kalau bisa memilih yang masih sangat muda," kata Chef Stefu, saat kulwap media beberapa waktu lalu.

Baca: Cara Tepat Mengolah Daging Kurban Menjadi Sate Supaya Tidak Cepat Gosong

Kemudian pilih menu masakan yang dimasak dengan banyak bumbu dan kuah seperti gulai untuk semakin menghilangkan bau kambingnya.

"Sesudah direbus menggunakan rempah dan kemudian dimasak dengan rempah-rempah lagi," ungkap Chef Stefu.

Baca: Aneka Resep Sate Daging Kurban Idul Adha 2020, Ada yang tanpa Bakar, Cukup Digoreng Saja

Selain menghilangkan bau, makanan berkuah dengan banyak bumbu juga dapat membuat daging kambing kurban jadi lebih empuk saat dikonsumsi.

Apalagi daging kambing kurban masih sangat segar sehingga tekstur dagingnya lebih keras, jadi disarankan diolah menjadi menu berkuah.

"Dengan wet cooking, seperti gulai, sop, tongseng, tengkleng dan segala macam. Dengan cara dibuat wet cooking akan membuat daging menjadi lebih empuk," pungkas Chef Stefu.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved