Obati Rindu ke Tanah Suci Lewat Tour Virtual Labbaik

Pendaftar juga akan didampingi tour guide, sehingga menghadirkan sensasi seperti berwisata, tetapi dengan tetap mematuhi anjuran physical distancing.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Choirul Arifin
Istimewa
Labbaik Virtual Tour menyediakan sebuah layanan perjalanan virtual atau online ke kota Mekah dan Madinah melalui aplikasi Zoom dan Google Earth. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Munculnya pandemi Covid-19 di berbagai negara membuat banyak kegiatan penting tertunda demi menjaga keselamatan bersama, termasuk kegiatan ibadah haji dan umroh.

Pemerintah Arab Saudi sudah menetapkan batas maksimum jamaah sebanyak 1.000 orang untuk haji tahun 2020. Hal ini tentu menjadi kabar buruk bagi calon jamaah yang sudah merencanakan perjalanan ke tanah suci tahun ini.

Untuk mengobati kerinduan umat muslim ke Tanah Suci, aplikasi pemandu doa haji dan umroh Labbaik menawarkan solusinya dengan menghadirkan Labbaik Virtual Tour.

Baca: Konsul Haji RI Pantau Kebijakan Arab Saudi Terkait Pelaksanaan Umrah

Labbaik Virtual Tour menyediakan sebuah layanan perjalanan virtual atau online ke kota Mekah dan Madinah, melalui Zoom (aplikasi untuk conference call) dan Google Earth.

Di sini, pendaftar bisa merasakan pengalaman menarik dan memiliki gambaran visual tentang kedua kota tersebut.

Baca: Sukses Gelar Ibadah Haji Saat Pandemi, Arab Saudi Berencana Buka Kembali Umrah

Pendaftar juga akan didampingi tour guide, sehingga menghadirkan sensasi seperti berwisata, tetapi dengan tetap mematuhi anjuran physical distancing.

Kegiatan ini juga dilaksanakan atas dasar tujuan membuka peluang bagi para tour guide untuk dapat kembali beraktivitas, karena pekerjaannya yang cukup berdampak akibat pandemi ini.

Nantinya, tour guide akan memandu dengan menggunakan Zoom dan menjelaskan sejarah maupun penjelasan dari tempat-tempat yang dikunjungi secara virtual.

Meskipun hanya melihat dari layar, Labbaik Virtual Tour menawarkan pengalaman yang lebih real dengan visual yang jelas, seakan membuat kita seperti benar-benar berada di sana.

Co-founder Labbaik, Arif Fajar Saputra mengatakan, adanya Labbaik Virtual Tour ini dapat mengobati kerinduan menjadi tamu Allah sekaligus membantu saudara-saudari kita pemandu wisata yang terdampak pandemi ini.

Selain itu Labbaik sendiri mengemas acara ini dapat menjadi acara edukatif untuk anak-anak.

"Orangtua dapat mengajak anaknya untuk ikut acara ini dan memperkenalkan Tanah Suci dengan mudah, sebagai bentuk ikhtiar juga untuk benar-benar menjadi tamu Allah di lain kesempatan," kata Arif dalam keterangannya, Kamis (6/8/2020).

Labbaik Virtual Tour sendiri akan diluncurkan pada tanggal 8 dan 9 Agustus 2020.

Tur dapat dinikmati pendaftar dengan durasi kurang lebih selama dua jam, dengan biaya pendaftaran yang sangat terjangkau, yaitu sebesar Rp 99.000 untuk 1 sesi per kota atau bundling sebesar Rp. 149.000 untuk dapat menjelajahi Kota Mekkah dan Madinah sekaligus.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved