Breaking News:

Pelesiran ke Bandung, Jangan Lupa Nikmati Asyiknya Keliling Kota Naik Bandros

Jika sedang pelesir ke Bandung, jangan lupa nikmati keasyikan keliling Kota Bandung Naik Bandros.

TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Warga melintas dan melihat-lihat sejumlah bus wisata Bandros (Bandung Tour on The Bus) yang diparkir di kompleks Terminal Leuwupanjang, Kota Bandung, Minggu (10/5/2020). Armada Bandros yang jumlahnya sekitar 12 unit yang setiap hari wara-wiri mengangkut wisatawan keliling Kota Bandung itu, kini semenjak pemerintah menetapkan Indonesia pandemi virus corona (Covid-19) tidak lagi beroperasi diparkirkan di Terminal Leuwipanjang. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menyusul Kota Solo dan Jakarta yang memiliki bus wisata tingkat, Kota Bandung kini juga memiliki bus wisata untuk pelesir keliling kota. Bandros namanya.

Berbeda dengan di Jakarta dan Solo, bus wisata di Kota Bandung menggunakan bus ukuran medium namun menggunakan karoseri yang didesain unik dan menarik.

Nama bus wisata Bandros berasal dari singkatan Bandung Tour on Bus. Jika sedang pelesir ke Bandung, jangan lupa nikmati keasyikan keliling Kota Bandung Naik bus Bandros

Bus Bandros siap memanjakan wisatawan yang berkunjung ke Bandung yang ingin menikmati suasana berkeliling kota dengan bus wisata nan unik.

Sejumlah wisatawan yang sedang melintas menyempatkan foto bersama di samping bus Bandros (Bandung Tour On Bus) di Halte Alun-alun Bandung, Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (21/6/2020). Sebanyak 12 unit bus Bandros sudah kembali beroperasi melayani wisatawan berkeliling Kota Bandung dengan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penularan virus corona (Covid-19), yakni dengan mewajibkan setiap wisatawan memakai masker selama di dalam bus, diperiksa suhu tubuh sebelum naik bus, dan jumlah wisatawan di dalam bus dibatasi maksimal 50 persen dengan memberlakukan physical distancing atau jaga jarak aman dengan memberi tanda silang merah di kursi yang tidak boleh diduduki. Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Sejumlah wisatawan yang sedang melintas menyempatkan foto bersama di samping bus Bandros (Bandung Tour On Bus) di Halte Alun-alun Bandung, Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (21/6/2020). Sebanyak 12 unit bus Bandros sudah kembali beroperasi melayani wisatawan berkeliling Kota Bandung dengan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penularan virus corona (Covid-19), yakni dengan mewajibkan setiap wisatawan memakai masker selama di dalam bus, diperiksa suhu tubuh sebelum naik bus, dan jumlah wisatawan di dalam bus dibatasi maksimal 50 persen dengan memberlakukan physical distancing atau jaga jarak aman dengan memberi tanda silang merah di kursi yang tidak boleh diduduki. Tribun Jabar/Gani Kurniawan (Tribun Jabar/Gani Kurniawan)

Pemerintah Kota Bandung meluncurkan bus pariwisata ini dengan bantuan swasta memanfaatkan program tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR (Corporate Social Responsibility) dalam bidang pariwisata.

Bus wisata ini ukurannya tidak terlalu besar dengan panjang 747 cm, tinggi 315 cm dan lebar 210 cm.

Dengan ukuran demikian, bagian bawah bus mampu menampung 12 penumpang duduk dan maksimal 20 dengan penumpang berdiri.

Petugas memeriksa suhu tubuh setiap wisatawan saat naik bus Bandros (Bandung Tour On Bus) di Halte Alun-alun Bandung, Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (21/6/2020). Sebanyak 12 unit bus Bandros sudah kembali beroperasi melayani wisatawan berkeliling Kota Bandung dengan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penularan virus corona (Covid-19), yakni dengan mewajibkan setiap wisatawan memakai masker selama di dalam bus, diperiksa suhu tubuh sebelum naik bus, dan jumlah wisatawan di dalam bus dibatasi maksimal 50 persen dengan memberlakukan physical distancing atau jaga jarak aman dengan memberi tanda silang merah di kursi yang tidak boleh diduduki. Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Petugas memeriksa suhu tubuh setiap wisatawan saat naik bus Bandros (Bandung Tour On Bus) di Halte Alun-alun Bandung, Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (21/6/2020). Sebanyak 12 unit bus Bandros sudah kembali beroperasi melayani wisatawan berkeliling Kota Bandung dengan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penularan virus corona (Covid-19), yakni dengan mewajibkan setiap wisatawan memakai masker selama di dalam bus, diperiksa suhu tubuh sebelum naik bus, dan jumlah wisatawan di dalam bus dibatasi maksimal 50 persen dengan memberlakukan physical distancing atau jaga jarak aman dengan memberi tanda silang merah di kursi yang tidak boleh diduduki. Tribun Jabar/Gani Kurniawan (Tribun Jabar/Gani Kurniawan)

Sementara itu, untuk bagian atas bus menampung 24 penumpang duduk.

Untuk nama bandros sendiri sebenarnya tidak akan asing di telinga pecinta kuliner sebab itu adalah salah satu nama makanan jajanan kaki lima khas Jawa Barat.

Selama proses kenormalan baru, bus ini selalu disemprotkan disinfektan sebelum dan sesudah beroperasi.

Halaman
123
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved