Breaking News:

PUPR Siapkan Anggaran Rp 3,51 M untuk Poles Lima Destinasi Super Prioritas

Untuk infrastruktur Mandalika tidak hanya fokus untuk MotoGP tetapi juga pembangunan jalan dari bandara ke Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno.

TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kiri) bersama Gubernur Sumut Edy Rahmayadi (tiga kiri) meninjau lokasi banjir bandang di Perumahan De Flamboyan, Medan, Senin (7/12/2020).TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan pemerintah mengalokasikan anggaran pembangunan infrastruktur di lima kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) atau destinasi pariwisata superprioritas (DPSP) sebesar Rp 3,51 miliar tahun depan.

"Anggaran ini untuk wisata superprioritas Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, Manado Bitung-Likupang ini pada tahun 2021," ucap Basuki dalam webinar Senin (14/12/2020).

Basuki menerangkan untuk infrastruktur Mandalika tidak hanya fokus untuk MotoGP tetapi juga pembangunan jalan dari bandara ke Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno.

"Dan bahkan sampai ke Gunung Rinjani, kawasan-kawasan yang ada di Nusa Tenggara Barat," terangnya.

Anggaran DPSP Danau Toba tahun depan diperuntukkan bagi pembangunan infrastruktur bidang sumber daya air, jalan dan jembatan, serta permukiman dan perumahan.

Begitu pula anggaran DPSP Borobudur yang ditujukan untuk pembangunan sumber daya air, jalan dan jembatan, serta permukiman.

Pengembangan lima KSPN tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

Hal ini juga strategi pemerintah dalam menggerakkan pertumbuhan ekonomi daerah.

Terlebih lagi di masa pandemi Covid-19 yang berdampak yang diharapkan bisa mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional dengan memanfaatkan tenaga dan material lokal.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved