Breaking News:

Kemenparekraf Berikan Sertifikasi CHSE ke Mambruk Hotel & Convention Anyer

Kunci keberhasilan pariwisata agar dapat segera rebound adalah pelaksanaan protokol kesehatan berbasis CHSE

Istimewa
Menteri Parekraf Wishnutama Kusubandio. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sudah hampir genap satu tahun sejak pandemi Covid-19 menyebar secara global dan turut berdampak pada berbagai aspek kehidupan di masyarakat. Begitu juga sektor pariwisata yang juga terimbas sangat berat oleh pandemi.

Terbukti, bisnis perhotelan hingga kii masih belum mampu bangkit sepenuhnya lantaran penurunan kegiatan perjalanan wisata dan kegiatan pertemuan di hotel.

Dampak inilah yang juga dirasakan para pelaku usaha perhotelan di kawasan Anyer, Banten.

Merespon hal tersebut, Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif meluncurkan program sertifikasi nasional CHSE atau Cleanliness (kebersihan), Health (kesehatan), Safety (keamanan), dan Environment (ramah lingkungan) untuk seluruh usaha perhotelan di Indonesia sebagai landasan standarisasi kebiasaan di era normal baru (New Normal).

“Kunci keberhasilan pariwisata agar dapat segera rebound adalah pelaksanaan protokol kesehatan berbasis CHSE dengan baik dan disiplin di tiap destinasi tujuan dan pelaku sektor pariwisata,” kata Menparekraf Wishnutama Kusubandio beberapa waktu lalu.

Baca juga: AirAsia Sinergikan Layanan Penerbangan dan Perhotelan di Lombok

Mambruk Hotel & Convention di Anyer yang dikembangkan Griya Idola, perusahaan real estate grup Barito Pacific, menjadi salah satu pelaku industri perhotelan telah lolos sertifikasi CHSE New Normal dari Kemenparekraf dengan predikat 98/100.

Baca juga: Pariwisata Berbasis Budaya akan Buka Banyak Peluang Usaha

Inspeksi sebelumnya telah dilakukan oleh Nurul Chandra Purnama selaku auditor Sucofindo pada Minggu, 15 November 2020 untuk mengukur manajemen tata kelola, kesiapan SDM hotel serta partisipasi para tamu dalam penerapan New Normal.

Mambruk Hotel & Convention di Anyer
Penerapan protokol kesehatan di Mambruk Hotel & Convention, Anyer.

Budi Ramli, General Manager Mambruk Hotel & Convention mengaku berterima kasih atas diterimanya sertifikasi CHSE dari Kemenparekraf ini.

“Terima kasih kami ucapkan atas dukungan dan kerjasama yang baik antara manajemen, seluruh staf, dan tamu atas penerapan CHSE secara komprehensif sesuai standar Kemenparekraf di Hotel Mambruk, sehingga kami dapat lolos program sertifikasi ini," ujarnya, Rabu (16/12/2020).

Halaman
12
Penulis: Choirul Arifin
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved