Breaking News:

Natal dan Tahun Baru 2021

Survei Populix: Masyarakat Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan Selama Liburan Akhir Tahun 2020

Sebanyak 65 persen responden mengaku antusias dan berencana untuk melakukan traveling pada momen liburan akhir tahun 2020.

IST
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Libur panjang akhir tahun adalah salah satu liburan yang paling dinantikan oleh masyarakat Indonesia. Namun liburan yang bertepatan dengan libur Natal dan Tahun Baru ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Pandemi Covid-19 yang belum juga melandai tentu membuat masyarakat berpikir dua kali untuk berlibur, terutama ke luar kota.

Platform market research Populix baru-baru ini merilis hasil riset yang dilakukannya untuk mengetahui sejauh mana maayarakat berdisiplin menerapkan protokol kesehatan selama libur panjang Natal dan Tahun Baru 2021.

Dari 7.109 responden, 58 persen di antaranya perempuan.

Baca juga: Ide Seru Liburan Natal dan Tahun Baru di Masa Pandemi

Meskipun ada perasaan khawatir karena pandemi belum sepenuhnya membaik, 65% responden mengaku antusias dan berencana untuk melakukan traveling pada momen liburan akhir tahun 2020.

Responden pria cenderung menjadikan daerah pegunungan sebagai destinasi wisata. Sedangkan daya tarik pemandangan pantai lebih disukai perempuan. Sementara, hanya 3 persen responden yang memilih berlibur ke luar negeri.

Baca juga: Antisipasi Meningkatnya Kebutuhan Uang Tunai Selama Liburan, BTN Siapkan Dana Rp 19,9 Triliun

Keinginan berlibur masyarakat pada akhir tahun didorong oleh sejumlah faktor. 33 persen responden mengaku berlibur untuk mengusir rasa bosan dan jenuh. Sementara, 25 persen responden menganggap berlibur bisa mengurangi stres.

"Tetapi, yang memilih untuk tidak berlibur pada akhir tahun ini juga banyak lho. Angkanya mencapai 29 persen dari responden yang kami kumpulkan," ungkap Jessica Gautama, Head of Marketing Populix dalam keterangan persnya, Jumat (25/12/2020).

Bali masih menjadi destinasi berlibur favorit masyarakat. Berdasarkan survei pada awal Desember 2020 lalu, Bali meraih 19 persen suara responden. Diikuti oleh Yogyakarta (15 persen), Bandung (8 persen) dan Lombok (4 persen).

Di masa pandemi ini, sambung Jessica, masyarakat ternyata lebih memilih moda transportasi darat untuk menuju ke destinasi tujuan. Sebanyak 60 persen responden memilih moda transportasi dari, 9 persen udara, dan 2 persen laut.

Halaman
12
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved