Breaking News:

Wisatawan Timor Leste Serbu Indonesia

Jumlah wisatan asing yang masuk Indonesia pada bulan November mencapai 175,31 ribu .

TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berbincang dengan wisatawan asing sambil menikmati suguhan teh di salah satu stan dalam West Java Bandung Tea Festival 2019 di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (2/8/2019). Festival yang diikuti sejumlah kabupaten/kota penghasil teh di Jawa Barat itu, bertujuan untuk mengenalkan teh lokal Jawa Barat kepada masyarakat dan mengajak penikmat teh menokmati teh dengan berbagai pilihan, mulai teh hitam, teh hijau, teh merah, dan teh putih yang legendaris. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) 

Laporan Reporter Kontan, Titis Nurdiana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) merilis data terbarunya atas jumlah wisatawan mancanegara atau wisman yang masuk ke Indonesia pada bulan November 2020.

Jumlah wisatan asing yang masuk Indonesia pada bulan November mencapai 175,31 ribu .

Jumlah ini turun hingga 86,31 persen jika dibandingkan November 2019 yang berjumlah wisatawan asing yang masuk mencapai 1,28 juta kunjungan.

Benar, perbandingan ini sangat tajam mengingat tahun 2019 tak ada pandemi corona, sementara 2020 ada pandemic Covid-19 alias corona.

Mari kita bandingkan secara bulanan.

Baca juga: Wisatawan Bule Kocar-kacir Dibubarkan Aparat Saat Hendak Rayakan Malam Tahun Baru di Pantai

Mengulik lebih dalam data BPS itu yakni secara bulanan yakni Oktober 2020 dibandingkan dengan November 2020, maka kunjungan wisatawan asing yang masuk ke Indonesia sejatinya mengalami kenaikan sebesar 13,9%.

Baca juga: GIPI : Berkembangnya Isu Mutasi Covid-19 Bikin Wisatawan Ragu Datang ke Yogyakarta

Pada bulan Oktober 2020 lalu, jumlah kunjungan wisatawan asing yang masuk Indonesia mencapai 153,9 ribu.

"Dibanding bulan Oktober 2020 ada kenaikan 13,9 persen. Secara bulanan wisatawan mancanegara menunjukkan tren positif, cenderung meningkat," ujar Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Setianto saat konferensi pers virtual, Senin (4/1/2021).

Berdasarkan pintu masuk, BPS juga mencatat bahwa kenaikan tertinggi adalah di pintu masuk atau jalur darat yang naik yakni hingga 50% atau setara 88,58 ribu.

Halaman
12
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved