Breaking News:

Di Indonesia Aja

Bosan #DiRumahAja? Coba Bikin 6 Resep Makanan dan Minuman untuk Jaga Imun Yuk!

Tak hanya mengusir rasa penat, membuat kreasi sajian untuk menambah imunitas tentu bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan keluarga

BizzInsight
Penulis: BizzInsight
Shutterstock
Ilustrasi minuman tradisional menggunakan rempah 

TRIBUNNEWS.COM - Dengan ditetapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat pada 3-20 Juli 2021, masyarakat diimbau untuk lebih banyak beraktivitas #DiRumahAja.

Namun, kamu tidak perlu takut bosan di rumah, sebab banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan agar tetap seru #DiRumahAja. Misalnya dengan bereksperimen membuat makanan dan minuman tradisional yang dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Tak hanya mengusir rasa penat, membuat kreasi sajian untuk menambah imunitas tentu bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan keluarga, mengingat semakin meningkatnya angka kasus Covid-19 belakangan ini.

Berikut enam resep makanan dan minuman tradisional penambah imun yang hanya bisa kamu temukan #DiIndonesiaAja. Mudah dan nikmat!

1) Teh talua

Teh Talua Kemenparekraf

Bahan-bahan: 2 buah kuning telur ukuran sedang, 2 bungkus besar teh celup, 2 sendok makan gula, 30 ml susu kental, 1 buah jeruk nipis, 1 sendok makan kayu manis bubuk, 500 ml air.

Cara membuat: Pertama, rebus air dengan teh hingga mendidih. Lalu, kocok kuning telur dan gula dengan cepat hingga mengental.

Setelah itu, masukkan adonan kuning telur ke dalam wadah, lalu tuangkan susu kental. Kemudian, tuangkan air teh yang sudah mendidih ke dalam wadah yang berisi adonan kuning telur dan susu kental tadi.

Terakhir, tambahkan jeruk nipis serta bubuk kayu manis, dan teh talua pun siap dinikmati.

2) Smoothies jahe-kunyit

Smoothies jahe dan kunyit.
Smoothies jahe dan kunyit. (Shutterstock)

Bahan-bahan: Sejumput kunyit, irisan 2,5 cm jahe, 1 gelas susu, 1/2 buah pisang, 1 sendok teh bubuk kayu manis.

Cara membuat: Pertama, masukkan semua bahan dan blender hingga halus. Kemudian, jika ingin sedikit rasa manis, kamu bisa menambahkan satu sendok madu ke dalam campuran tersebut. Mudah sekali bukan?

3) Wedang jahe lemon

Ilustrasi wedang jahe lemon, salah satu minuman yang dapat meningkatkan imunitas tubuh
Ilustrasi wedang jahe lemon, salah satu minuman yang dapat meningkatkan imunitas tubuh. (iStock)

Bahan-bahan: 4 cm jahe yang dicincang, 1 buah mentimun jepang yang diiris tipis, 1 buah jeruk lemon yang diiris tipis, 5 lembar daun mint, serta 1500 ml air matang.

Cara membuat: Pertama, rebus jahe hingga mendidih dan meresap yang kemudian didinginkan dan tambahkan bahan lain. Setelah itu, jika kamu ingin memberi tambahan rasa manis, kamu bisa menambahkan gula merah atau madu secukupnya. Nah, wedang jahe lemon yang nikmat pun siap untuk dikonsumsi.

4) Sup ayam rempah

Ilustrasi ayam rempah.
Ilustrasi ayam rempah. (Shutterstock)

Bahan-bahan:  4 buah paha ayam atas, cuci dan potong; 2.000 ml air kaldu ayam; 12 batang daun ketumbar segar; 6 siung bawang putih, kupas; 5 cm jahe segar, cincang; 10 butir merica; 3 sdm minyak sayur; 50 ml arak cina (opsional); 6 sdm saus tiram; 60 gram gula pasir; irisan tipis jahe untuk hiasan; irisan daun bawang untuk hiasan; 1 buah cabai merah, buang biji, iris bulat.

Cara membuat: Panaskan oven hingga 180 derajat celcius. Haluskan ketumbar segar, bawang putih, jahe, dan merica. Lalu, panaskan minyak dalam panci dengan api kecil. Kemudian, tumis bumbu yang sudah dihaluskan sebelumnya selama tujuh menit sampai berubah warna.

Selanjutnya, tuang arak cina, besarkan api dan biarkan mendidih selama 2 menit, tambahkan saus tiram, gula pasir, dan air kaldu. Masukkan potongan daging ayam. Kecilkan api dan biarkan mendidih.

Angkat dari api hingga 10 menit hingga dingin. Tutup. Angkat potongan ayam, buang kulit dan tulangnya. Potong daging ayam ukuran dadu kecil. Masukkan kembali potongan daging ayam. Bubuhi garam dan merica. Angkat.

Terakhir, tempatkan dalam mangkuk sop. Hiasi dengan irisan jahe, daun bawang, dan cabai merah. Hidangkan segera.

5) Puding jahe madu susu

Puding jahe madu susu
Puding jahe madu susu (Sajian sedap)

Bahan puding: 1.000 ml air, 100 gram jahe (bakar, lalu memarkan), 1 bungkus agar-agar bubuk, 25 gram gula pasir, seperempat sendok teh garam, 50 gram madu, 200 gram susu kental manis putih

Bahan saus vla: 600 ml susu cair, 100 gram gula pasir, seperdelapan sendok teh garam, 1,5 sendok makan maizena yang dilarutkan dengan 1 1/2 sendok makan air, 2 butir kuning telur, setengah sendok teh pasta vanila.

Cara membuat: Pertama, rebus jahe dengan api kecil sampai harum dan air mendidih. Setelah itu saring dan ukur air sejumlah 800 ml lalu dinginkan.

Kemudian, masukkan agar-agar bubuk, gula pasir, dan garam dalam satu panci dan tuangkan air jahe, lalu aduk rata. Masak dengan api sedang sampai mendidih. Lalu, tambahkan susu kental manis, aduk rata.

Setelah matang, tuang ke loyang puding dan dinginkan. Saat suhu puding sudah agak sejuk, tambahkan madu, aduk rata lalu diamkan sampai puding mengeras.

Untuk vla, rebus susu tidak perlu sampai mendidih. Ambil sedikit, tuangkan ke kuning telur dan aduk rata lalu sisihkan sejenak.

Rebus sisa susu yang banyak, gula pasir, dan garam sampai mendidih. Masukkan larutan maizena, aduk terus sampai kental. Selanjutnya, tambahkan campuran susu dan kuning telur, tambahkan pasta vanila, aduk rata.

Gunakan api kecil agar matang sempurna. Setelah semua siap, sajikan puding dengan vla vanila.

6) Wedang kembang tahu

Ilustrasi wedang kembang tahu (Shutterstock)
Ilustrasi wedang kembang tahu (Shutterstock) (Shutterstock)

Bahan-bahan: 300 ml susu kedelai atau air tahu 1/2 sdt; agar-agar bubuk warna putih 50 gr; jahe parut, peras; 150 gr gula merah; 500 ml air; 2 lembar daun pandan, simpulkan

Cara membuat: Pertama, rebus susu kedelai atau air tahu, daun pandan, dan agar-agar, masak hingga agak mengental dan mendidih, aduk rata dan dinginkan. Kemudian, rebus air dan gula merah hingga mendidih dan gula larut, angkat dan saring. Masukkan air jahe.

Terakhir, siapkan mangkuk atau cangkir, beri agar tahu yang sudah kental dengan cara disendok, tuangi air jahe. Wedang kembang tahu siap dihidangkan dengan hangat!

Mudah sekali bukan membuat resep makanan dan minuman tradisional untuk menjaga imunitas di rumah? Apalagi, seluruh resep di atas menggunakan bahan-bahan makanan dan rempah tradisional yang khas ala #DiIndonesiaAja.

diindonesiaja

Membuat makanan dan minuman yang bermanfaat untuk menjaga imunitas bisa menjadi ide anti bosan saat stay at home. Dengan #DiRumahAja, kamu telah membantu mengurangi penyebaran Covid-19.

Namun, jika ada kegiatan mendesak yang mengharuskan kamu keluar rumah pastikan untuk selalu menaati protokol kesehatan 6M yakni, mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, menghindari makan bersama, dan mengurangi mobilitas, untuk melindungi orang-orang tercinta di rumah.

Selain itu, mengikuti program vaksinasi juga menjadi upaya untuk terbebas dari belenggu Covid-19. Hal ini pun diamini Menparekraf Sandiaga Uno. Ia menegaskan vaksin sangat penting untuk daya tahan tubuh.

Menparekraf Sandiaga berharap berbagai lapisan masyarakat dapat melaksanakan vaksinasi agar terhindar dari Covid-19. "Salah satu cara kita untuk menekan penularan Covid-19 dengan cara vaksinasi secara masif," ujarnya.

Dengan berbagai upaya yang terus dilakukan baik dari pemerintah dan masyarakat, diharapkan bisa menjadi jalan keluar bagi kita semua agar terbebas dari bahaya Covid-19 yang tengah mengancam saat ini.

Informasi lebih lanjut mengenai situasi PPKM terkini hingga kuliner dan informasi pariwisata Indonesia lainnya, silakan kunjungi akun instagram @pesonaid_travel, ya!

Selain itu, kamu juga bisa mengikuti video kompetisi TikTok Hashtag Challenge #DiIndonesiaAja untuk membunuh rasa bosan dan dapatkan hadiah.

Cukup buat konten kreasi video TikTok berdurasi maksimal 15 detik dengan menggunakan efek #DiIndonesiaAja. Lalu, gunakan backsound jingle Aku Cinta Indonesia dan upload video kreasi kamu dengan hashtag #DiIndonesiaAja dan mention @indonesia.travel. Yuk, ekspresikan kreativitas terbaik kamu untuk raih hadiah total jutaan rupiah!

Penulis: Nurfina Fitri Melina/Editor: Bardjan

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved