Breaking News:

Di Indonesia Aja

7 Merek Kopi Lokal yang Bisa Dinikmati di Rumah, Serasa Ngopi Cantik di Coffee Shop!

Kamu bisa mengobati rasa rindu ngopi ala coffee shop dengan membeli kopi lokal secara online, sehingga kegiatan ngopi pun tetap seru meski #DiRumahAja

BizzInsight
iStock
Ilustrasi secangkir kopi. 

TRIBUNNEWS.COM - Ngopi di coffee shop memang ngangenin. Apalagi bagi pencinta kopi, tak ada yang lebih nikmat ketimbang duduk santai sambil menyesap kopi dengan cita rasa khas lokal yang dibuat langsung oleh barista.

Namun, kebijakan pembatasan aktivitas masyarakat selama pandemi Covid-19 memaksamu untuk meredam hasrat ngopi-ngopi cantik di kedai kopi. Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisasi penyebaran virus demi keamanan bersama.

Eits, nggak perlu sedih! Kamu bisa mengobati rasa rindu ngopi ala coffee shop dengan membeli kopi lokal secara online, sehingga kegiatan ngopi pun tetap seru meski #DiRumahAja.

Terlebih, saat ini tak sedikit pengusaha kopi yang menyiapkan produk kopi siap minum yang bisa dinikmati dari rumah. Kopi-kopi tersebut dipasarkan dalam bentuk dan kemasan bervariasi, mulai dari biji kopi sangrai atau roasted bean hingga kopi susu literan yang bisa langsung teguk.

Yuk, wujudkan imaji ngopi cantik di rumah dengan membeli produk dari merek kopi lokal kebanggaan kita! Berikut rekomendasi merek kopi lokal yang bisa dinikmati #DiRumahAja dengan #BeliKreatifLokal secara online

1) Anomali Coffee

Produk anomali coffee
instagram.com/anomalicoffee

Tersebar di Jakarta, Bali, Makassar, dan Medan, Anomali Coffee menyajikan biji kopi single origin dari berbagai daerah di Indonesia.

Biji kopi spesial dari Anomali Coffee ini masing-masing memiliki karakteristik unik tersendiri. Misalnya, biji kopi Sumatera Kabanjahe yang merupakan varian herbal Sigarar Utang dari Kabupaten Karo dengan aroma jeruk nipis dan pala tropis.

Selain biji kopi Sumatera Kabanjahe, Anomali Coffee juga memiliki varian biji kopi Toraja Sapan, Bali Ulian, Flores Colol, Jawa Cikuray, Aceh Gayo, dan masih banyak lagi. Untuk ukurannya, terdapat pilihan mulai dari kemasan 200 gram hingga 1 kilogram.

2) Dua Coffee

Kopi susu literan dan variasi minuman 1 liter dari Dua Coffee.
Kopi susu literan dan variasi minuman 1 liter dari Dua Coffee. (instagram.com/duacoffee)

Kopi susu adalah menu andalan bagi anak muda kekinian saat mampir ke kedai kopi. Nah, kini kamu bisa menikmatinya secara praktis #DiRumahAja dalam kemasan literan, seperti kopi susu satu liter ala Dua Coffee yang diberi nama kopi susu kedua.

Selain kopi susu, untuk kemasan satu liter, Dua Coffee juga menyediakan minuman segar non-coffee yang bisa dinikmati bersama keluarga di rumah yang mungkin kurang menyukai kopi.

3) Kopi Janji Jiwa

Kopi 1L Janji Jiwa.
Kopi 1L Janji Jiwa. (instagram.com/kopijanjijiwa)

Siapa yang tak kenal dengan kedai Kopi Janji Jiwa? Kedai kopi kekinian yang satu ini menyajikan berbagai pilihan menu nikmat, mulai dari kopi klasik hingga olahan teh dan menu tanpa kopi.

Agar ngopi ala kafe di rumah makin terasa, kamu bisa menikmati berbagai menu kopi klasik dari Kopi Janji Jiwa. Terlebih, kini Kopi Janji Jiwa memiliki produk satu janji yaitu kopi kemasan satu liter yang cocok dinikmati bareng keluarga.

Menu kopi klasik satu janji yang bisa kamu pilih di antaranya Americano, Latte, Kopi Pandan, Kopi Susu, Vanilla Latte, dan masih banyak lagi. Pesan sekarang yuk!

4)      Otten Coffee

Kopi robusta Otten Coffee.
Kopi robusta Otten Coffee. (instagram.com/ottencoffee)

Salah satu jenis biji kopi berkualitas tinggi yang mudah ditemui di Indonesia adalah robusta. Nah, buat kamu penggemar kopi robusta, Otten Coffee jagoannya! Otten Coffee memiliki sederet kopi khas dari berbagai daerah di Indonesia dengan cita rasa beragam.

Untuk produk kopi robusta, Otten Coffee memiliki 8 jenis biji kopi yang bisa kamu coba yaitu robusta Java Ijen, robusta Bali, robusta Dampit, robusta Sidikalang, robusta Aceh, robusta Garut, robusta Lampung, dan juga robusta Flores.

5) Philocoffee

Produk kopi Philocoffee
Produk kopi Philocoffee (instagram.com/philocoffee)

Tak sekadar menjual biji kopi sangrai atau roasted bean berkualitas, Philocoffee juga menyediakan green bean, house blend, peralatan, hingga buku kopi yang bisa didapatkan sekaligus di Philocoffee.

Untuk produk kopi dari Philocoffee, banyak yang bisa kamu cicipi di rumah sekaligus untuk stok ngopi berkali-kali, seperti Kopi Gayo Golden Jaguar dan Tano Lintong.

6) Tanamera Coffee

Produk kopi Tanamera Coffee yang bisa dinikmati di rumah.
Produk kopi Tanamera Coffee yang bisa dinikmati di rumah. (instagram.com/tanameracoffee)

Tanamera Coffee menyediakan produk kopi lokal kualitas internasional. Biji kopi pilihan dari daerah-daerah penghasil kopi Indonesia siap memuaskan kebutuhanmu akan kafein.

Salah satunya ialah kopi dalam kemasan drip bag yang bisa diseduh dengan mudah di rumah, tersedia dalam berbagai varian yang bisa dipilih, seperti Aceh Gayo, Bali Kintamani, serta Toraja Pulu-pulu.

Tak hanya coffee drip, untuk memenuhi kebutuhan pencinta kopi di rumah, Tanamera Coffee juga memiliki produk lain seperti coffee bean, coffee capsule, cod brew, dan juga cold brew concentrate.

7) TUKU

TUKU
TUKU (instagram.com/tokokopituku)

Satu lagi kopi susu lokal yang popularitasnya tak pernah redup sejak kemunculannya, yakni kopi susu tetangga dari TUKU. Sejak pandemi berlangsung, TUKU telah merilis tukucur, kopi kemasan satu literan yang bisa dinikmati bersama keluarga di rumah.

Menggunakan biji kopi arabika terbaik di Indonesia yang dipadu dengan susu, krimer dan gula aren, kopi susu tetangga dijamin dapat mengobati rindu menyeruput kopi ala coffee shop.

Rekomendasi di atas adalah tujuh dari sekian banyaknya merek kopi lokal yang memiliki produk kopi berkualitas internasional. Untunglah, kini kamu bisa menikmatinya dengan mudah di rumah dengan #BeliKreatifLokal secara online.

Seperti yang diketahui, pelaku UMKM di sektor ekraf seperti pengusaha kopi lokal turut terdampak pandemi. Maka, gerakan #BeliKreatifLokal sangat mendukung keberlangsungan para UMKM di tanah air.

Dengan begitu, ketika kamu membeli produk kopi lokal di atas, maka kamu telah berpartisipasi dalam upaya memperbaiki nasib para pelaku UMKM sekaligus mendorong pemulihan ekonomi nasional. Yup, kontribusimu ternyata sangat signifikan, lho!

BeliKreatifLokal

Di sisi lain, Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, turut mendorong para pelaku ekonomi kreatif untuk bisa beradaptasi dengan ekosistem ekonomi digital.

Tak hanya menghadirkan produk yang sesuai dengan kebutuhan di masa pandemi, para pelaku UMKM juga dapat menjual produk secara online di e-commerce dan memanfaatkan media sosial untuk pemasaran melalui konten kreatif.

“Ada 34 juta pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif sekarang mengalami tekanan dan banyak di antara mereka yang kehilangan pekerjaan dan penghasilan. Namun, saya yakin ekonomi kreatif kita bisa menghadapi tantangan tersebut dengan menghadirkan talenta-talenta yang bisa mengisi ekosistem ekonomi digital. Kalau kita melihat akselerasi digital ini mendorong masyarakat yang tadinya hanya berjualan secara online untuk menghadirkan konten-konten yang kreatif,” ujar Sandiaga, dikutip dari siaran pers berjudul Menparekraf Dorong Pelaku Parekraf Tingkatkan Keterampilan Hadapi Tantangan Pandemi, Rabu (21/7/2021).

Dalam menghadapi pandemi, disiplin protokol kesehatan 6M seperti mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, menghindari makan bersama, dan mengurangi mobilitas, serta protokol CHSE menjadi langkah utama yang harus diterapkan ketika menjalani aktivitas yang harus dilakukan di luar rumah.

Selain itu, melakukan vaksinasi juga menjadi upaya bersama agar herd immunity bisa lebih cepat tercipta, sehingga kita bisa terbebas dari pandemi dan bisa kembali ngopi cantik di coffee shop, deh!

Selain menikmati kopi lokal dan #BeliKreatifLokal dari rumah, kamu juga bisa melengkapi kegiatan ngopi tetap seru #DiRumahAja dengan mengikuti video kompetisi TikTok Hashtag Challenge #DiIndonesiaAja. Menangkan hadiah senilai jutaan rupiah dan merchandise keren dari Wonderful Indonesia.

Caranya mudah. Buatlah konten video TikTok sekreatif mungkin berdurasi maksimal 15 detik dengan menggunakan efek #DiIndonesiaAja serta backsound jingle ‘Aku Cinta Indonesia’. Jangan lupa untuk sertakan tagar #DiIndonesiaAja dan mention akun @indonesia.travel sebelum tanggal 27 Agustus 2021, ya!

Yuk, saatnya #BeliKreatifLokal untuk mendukung keberlangsungan pelaku usaha di tanah air! Temukan juga berbagai informasi menarik mengenai pariwisata Indonesia dan ekonomi kreatif lokal lainnya dengan mengikuti akun instagram @pesonaid_travel.

Penulis: Nurfina Fitri Melina/Editor: Bardjan

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved