Breaking News:

Sandiaga Optimis UMKM Bisa Bangkitkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Syaratnya Gercep dan Gaspol

Menteru Sandiaga ungkap keoptimsannya soal pertumbuhan dan kebangkitan sektor pariwisata saat pandemi covid-19.

istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno dalam Webinar Optimisme Kebangkitan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif #DiIndonesiaAja . 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno ungkap keoptimsannya soal pertumbuhan dan kebangkitan sektor pariwisata saat pandemi covid-19 yang memang belum tahu sampai kapan akan berakhir.

Seperti diketahuu, sektor yang paling terhantam adalah sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Untuk dapat keluar dari kesulitan ini diperlukan optimis agar kita akan dapat keluar dari kesulitan ini.

Baca juga: Tingkat BOR Turun, Sandiaga Uno Yakin Sektor Parekraf Bisa Dilonggarkan

Baca juga: Menparekraf Ajak Pedagang Kecil Turunkan Bendera Putih, Kibarkan Bendera Merah Putih

Salah satu yang dapat dilakukan adalah mendorong Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk bangkit.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno dalam Webinar Optimisme Kebangkitan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif #DiIndonesiaAja .

Pada seminar yang diselenggarkan oleh PT. Pegadaian (Persero) melalui anak Perusahaannya PT. Pesonna Indonesia Jaya yang bekerjasama dengan Gerakan Kreatif Nasional (Gekrafs) pada Sabtu (7/8/2021), Sandiaga mengungkap keoptimisan di balik pandemi.

Pemerintah telah mengeluarkan aturan baru terkait dengan upaya menanggulangi lonjakan kasus Covid-19 yaitu Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro Darurat untuk wilayah Jawa dan Bali mulai 3 - 20 Juli 2021 salah satunya pembatasan pada fasilitas publik dan tempat wisata. Tampak kawasan Simpang Lima yang biasanya ramai kini terlihat sepi, Jumat (16/7/21). (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)
Pemerintah telah mengeluarkan aturan baru terkait dengan upaya menanggulangi lonjakan kasus Covid-19 yaitu Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro Darurat untuk wilayah Jawa dan Bali mulai 3 - 20 Juli 2021 salah satunya pembatasan pada fasilitas publik dan tempat wisata. Tampak kawasan Simpang Lima yang biasanya ramai kini terlihat sepi, Jumat (16/7/21). (Tribun Jateng/Hermawan Handaka) (TRIBUN JATENG/TRIBUN JATENG/HERMAWAN HANDAKA)

"Kami memprediksi akan ada letupan wisata yang luar biasa dari masyarakat  seusai pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM)  karena mereka ingin berwisata dan membeli produk ekonomi kreatif. Untuk mengantisipasi letupan tersebut, " kata Sandiaga

Sandiaga mengajak pemangku kepentingan di ekonomi kreatif dan pariwisata untuk terus melakukan berbagai transformasi menuju digitalisasi, sehingga diharapkan peran sentral dalam peningkatan pendapatan negara, sumber devisa, serta penyerapan tenaga kerja tidak terganggu.

Dia juga optimistis bahwa dengan berbagai langkah yang selama ini telah dilakukan maka sektor pariwisata dan ekonomi kreatif tidak terganggu dengan varian baru yang mungkin muncul sehingga dengan mengedepankan protokol kesehatan usai PPKM Level 4 bisa lebih menghadapi kemungkinan terburuk.

Pekerja membersihkan kaca di salah satu restoran di Jakarta, Kamis (29/7/2021). Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta, Gumilar Ekalaya mengatakan bahwa Pemprov DKI Jakarta akan mewajibkan pengunjung salon dan restoran sudah divaksin Covid-19 untuk memberikan dampak positif pariwisata di masa pandemi. Persyaratan wajib vaksin tersebut dilakukan untuk membantu program pemerintah dalam percepatan vaksinasi Covid-19. Tribunnews/Irwan Rismawan
Pekerja membersihkan kaca di salah satu restoran di Jakarta, Kamis (29/7/2021). Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta, Gumilar Ekalaya mengatakan bahwa Pemprov DKI Jakarta akan mewajibkan pengunjung salon dan restoran sudah divaksin Covid-19 untuk memberikan dampak positif pariwisata di masa pandemi. Persyaratan wajib vaksin tersebut dilakukan untuk membantu program pemerintah dalam percepatan vaksinasi Covid-19. Tribunnews/Irwan Rismawan (Tribunnews/Irwan Rismawan)

Sandiaga berharap dalam paruh kedua 2021 seusai PPKM Level 4 sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan tumbuh 2,39 persen sehingga bisa menyerap kembali tenaga kerja.

Halaman
12
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved