Breaking News:

Menteri Sandi: Pendapatan Sektor Parekraf Melonjak 5 Kali Lipat di Januari-Juni 2021

Sandiaga Uno mengklaim pendapatan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif mulai meningkat, hingga 5 kali lipat di Januari-Juni 2021.

TRIBUN JABAR/TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Petugas memberi pakan satwa herbivora di Bandung Zoological Garden (Kebun Binatang Bandung), Jalan Tamansari, Kota Bandung, Kamis (29/7/2021). Penutupan sementara objek wisata di saat pandemi Covid-19 berdampak pada kelangsungan hidup aneka satwa di Bandung Zoological Garden karena tidak ada lagi pemasukan dari kunjungan wisatawan. Jika penutupan sementara di saat Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 kembali diperpanjang hingga Agustus sampai dengan September, pihak Bandung Zoological Garden memastikan akan terjadi krisis keuangan atau tidak ada lagi dana untuk memenuhi pakan dan perawatan kesehatan 850 ekor satwa sebesaran Rp 350 juta per bulan. Langkah yang akan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pakan jika terjadi krisis keuangan diantaranya dengan memotong/menyembelih satwa herbivora untuk pakan satwa karnivora dengan terlebih dulu berkoordinasi ke pihak terkait yakni Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jabar. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengklaim pendapatan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif mulai meningkat, hingga 5 kali lipat di Januari-Juni 2021.

Berbicara dalam webinar bertajuk Together 'Yes We Can Do It' yang digelar Sandilogi bersama Hellolive, dia mengatakan, selama periode Januari-Juni 2021 sektor Parekraf sudah mulai menunjukkan kebangkitan.

Sandiaga mencontohkan, angka kunjungan ke destinasi wisata meningkat lima kali lipat. Contohnya di Bali, naik dari 2 ribu wisatawan menjadi 10 ribu kunjungan.

Tingkat keterisian hotel dan produk ekonomi kreatif juga meningkat.

Baca juga: Menparekraf Janji Biro Perjalanan Wisata Bakal Dapat Bantuan Dana Hibah Tahun Ini

"Namun saat PPKM level 4 harus dilakukan penyesuaian (adaptasi). Yang kita utamakan sisi kesehatan dan penyelamatan usaha Parekraf," ujar Sandiaga dalam keterangannya, Kamis (12/8/2021).

Baca juga: Tingkat BOR Turun, Sandiaga Uno Yakin Sektor Parekraf Bisa Dilonggarkan

Kemenparekraf, kata dia, fokus membantu tiga aspek yakni kesehatan, ekonomi, dan kemanusiaan. Dia optimis ekonomi Indonesia akan bangkit, dan lapangan kerja mulai tercipta lagi.

Baca juga: Traveloka dan Citilink Tawarkan Tiket Harga Khusus untuk Gairahkan Pariwisata, Ini Rincian Rutenya

"Bangkit di saat sulit, menang melawan covid, together we can do it (bersama kita bisa)," katanya.

Menurutnya, pandemi Covid-19 merupakan tantangan bagi pelaku usaha untuk bisa bertahan di tengah krisis.

"Jadikan krisis ini untuk membuat kita lebih baik lagi," tutur Sandiaga dalam Webinar Sandilogi Talks yang dijalankan oleh Erik Budiman, Erwin Soerjadi, Yuga Aden, Jhonny Tio dan Aaron Antonyo tersebut.

Dalam webinar tersebut, dihadiri Kepala BNPT Boy Rafli Amar, Wapres Direktur Bank Central Asia Armand Hartono, Dirut MRT Indonesia William P Sabandar, CEO Samator & Aneka Gas Rachmat Harsono serta Founder Kita Juara Zivanna Letisha sebagai moderator.

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved