Breaking News:

Di Indonesia Aja

Rindu Belanja Oleh-oleh? Ini Rekomendasi Produk Lokal yang Bisa Dibeli Online

Salah satu momen paling ngangenin saat traveling adalah saat membeli suvenir produk lokal langsung di tempat wisata.

BizzInsight
iStock
Ilustrasi suvenir produk lokal Indonesia. 

TRIBUNNEWS.COM - Pembatasan kegiatan selama pandemi membuatmu makin enggak sabar untuk traveling #DiIndonesiaAja. Salah satu momen paling ngangenin adalah saat membeli suvenir produk lokal langsung di tempat wisata.

Untungnya, kini kamu bisa belanja produk lokal dari berbagai daerah dengan #BeliKreatifLokal secara online. Terlebih, di tengah pandemi, produk lokal masih menjadi primadona masyarakat, lho!

Mengutip Kompas, studi Visa menunjukkan 68 persen konsumen domestik menganggap produk lokal lebih atraktif, terutama dari segi harga; 63 persen menganggap produk lokal memiliki kualitas yang diidamkan; 62 persen menyukai produk lokal karena kerap menawarkan diskon.

Yuk, obati kerinduan belanja produk lokal dengan #BeliKreatifLokal secara online! Berikut beberapa rekomendasi produk dari kategori fesyen, kriya, dan kuliner yang bisa kamu beli dari para UMKM lokal.

1) PRODUK FESYEN

Produk KaIND.
Produk KaIND. (www.instagram.com/kaind_id)

Batik

Siapa sih yang tak sulit menahan godaan belanja batik ketika berwisata? Kain satu ini memang selalu keren untuk diadopsi sebagai pakaian, mulai dari atasan, outer, bawahan, tas, hingga masker.

Yuk, borong batik lagi! Berbagai produk fesyen batik berkualitas tinggi bisa kamu beli di KaIND, qaireenmoez, Batik Shio, dan juga Boo Lao. Dijamin bikin kamu makin kece dan fashionable, deh!

Kain tenun

Indonesia punya beragam kain tenun tradisional dari berbagai daerah dengan ciri khas dan keunikan masing-masing. Nggak heran, kain tenun adalah produk fesyen lokal yang sangat memesona dan banyak diburu.

Beberapa rekomendasi jenama lokal yang menjual kain tenun untuk dibeli online di antaranya Dame Ulos, Tinung Rambu, dan Tenun Nan Elok. Semua produk kain tenun yang dimiliki pelaku UMKM tersebut pasti bakal memikat hatimu!

Sepatu

Enggak kalah dari berbagai merek luar negeri, Indonesia juga memiliki sepatu lokal yang bagus. Coba deh, telusuri produk dari Miumosa, Slightshop,dan Sadajiwa. Selain kece, produk sepatu dari ketiga jenama lokal ini juga menambahkan aksen khas Indonesia pada produknya, lho! Jadi semakin #BanggaBuatanIndonesia ya!

Tas dan dompet

Produk tas dan dompet dari jenama lokal tak kalah bergengsi dari produk luar negeri. Produk dari Kulite Reptile, Tjhin Santy, dan Jildan Leather contohnya. Berbagai produk dari jenama lokal ini menjajakan tas dan dompet handmade kualitas tinggi berbahan dasar kulit hingga bergaya etnik yang bisa bikin outfit of the day kamu lebih modis!

2) PRODUK KRIYA

Produk kriya dari Sunandsandecor.
Produk kriya dari Sunandsandecor. (www.instagram.com/sunandsandecor)

Aksesori handmade

Aksesori kerap jadi buah tangan untuk teman dan kerabat setelah traveling ke suatu destinasi. Nah, meskipun tak langsung mengunjungi destinasi wisatanya, kamu tetap bisa menghadiahi aksesori untuk orang lain maupun diri sendiri dengan #BeliKreatifLokal secara online. Rekomendasi aksesori buatan tangan berkualitas ada di Sofia Handycraft, Crafteriena, dan Fitri Designs Jewellery.

Dekorasi rumah

Membuat tampilan rumah jadi makin artsy dengan produk dekorasi kriya dari jenama lokal? Mengapa tidak! Mumpung lagi #DiRumahAja, yuk hias rumah sekreatif mungkin! Produk dekorasi kriya dari Joy Clock, saMju, Canina Painting, Coga Wooden Handicraft, dan Sunandsand sangat menarik, apalagi dengan aksen nusantara yang dimilikinya.

Tas rajut dan tas ukir

Tas rajut dan ukir menjadi produk kriya yang banyak diminati para pelancong. Eh, tapi kini sudah banyak, lho, UMKM lokal yang menjual produk-produk tersebut. Jangan salah, produk tas rajut dan ukir dari Schon Craft, Oleh-oleh Indramayu, Tulatali, dan Mejikuhibiniu Butik menawarkan kualitas buatan tangan yang sempurna, desain yang estetik, dan harga yang bersaing.

3) PRODUK KULINER

Gudeg Simbok.
Gudeg Simbok. (www.instagram.com/Tharra_Catering)

Aneka kopi lokal

Pencinta kopi tentu rindu melancong sambil mencicipi kopi lokal nusantara dari biji kopi khas berbagai daerah. Tidak perlu menyambangi coffee shop, kini kamu bisa membeli beragam kopi nikmat khas #DiIndonesiaAja dengan membelinya di jenama lokal, seperti unklteaandcoffee, Kopi Lima Detik, Portacaba, dan Ganba Coffee.

Camilan dan dessert

Kabar baik bagi yang hobi ngemil dan makan dessert! Beberapa UMKM lokal ternyata punya camilan dan dessert unik yang bisa dibeli online. Ada Chocobro, cookies cokelat dari bahan alami,  Snack Kalia Nusantara yang menjual keripik pisang kekinian, Kuker Hut yang punya ragam kue kering dan cake banyak rasa, serta Bite To Eat yang menawarkan brownies dan makaroni schotel lezat.

Makanan tradisional

Pasti kamu nggak sabar ingin wisata kuliner makanan tradisional saat liburan nanti. Tapi syukurlah, kamu masih bisa mencicipi cita rasa makanan tradisional saat #DiRumahAja dengan membelinya secara daring.

Di Kedai Serba Rendang, Dapur Rumahan Cetok Cetok, Asinan Kembang Goyang, liwet.inc, Gudeg Simbok, dan Pempek Cek Nimas kamu bisa memanjakan lidah dengan cita rasa tradisional yang nikmat, orisinal, hingga bikin nagih.

Begitu banyak produk lokal bergengsi yang bisa kamu beli dari rumah. Tak hanya memuaskan rindu akan belanja suvenir, dengan #BeliKreatifLokal kamu juga berkontribusi membantu pelaku UMKM untuk bertahan dan terus menghidupkan geliat ekonomi kreatif ditengah pandemi Covid-19.

Apalagi, pada momen bulan Agustus ini dengan semarak Kemerdekaan Indonesia, produk-produk lokal fesyen, kuliner, dan kriya tersebut bisa jadi pelengkap untuk memeriahkan berbagai kegiatan seru bersama keluarga di rumah.

BeliKreatifLokal

Sejalan dengan itu, Menparekraf Sandiaga Uno pun menjelaskan bahwa gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia, serta #BeliKreatifLokal yang digagas Pemerintah adalah program untuk membangkitkan demand di sektor ekonomi kreatif.

“Kontribusi ekonomi kreatif pada perekonomian Indonesia ini sudah sangat terasa, Rp1.100 triliun lebih kontribusinya, menempatkan Indonesia di posisi 3 dari segi presentasi ekonomi kreatif terhadap PDB, dengan andalan kriya, kuliner, dan fesyen,” ujar Menparekraf Sandiaga Uno saat menjadi pembicara “YES Goes to Campuss Universitas Terbuka” yang digelar secara virtual, Sabtu (8/7/2021) yang dikutip dari Siaran Pers: Menparekraf Ajak Dosen dan Mahasiswa Universitas Terbuka Bantu Pulihkan Parekraf, Minggu (8/8/2021).

Seperti yang diketahui, sektor ekonomi kreatif dan pariwisata turut terdampak pandemi. Untuk itu, di masa adaptasi kenormalan baru saat ini Kemenparekraf juga menghadirkan #InDOnesiaCARE yang merupakan sebuah inisiatif dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia yang menjadikan kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan sebagai prioritas utama.

Selain dengan #BeliKreatifLokal dari berbagai produk lokal, kamu juga bisa membuat kemeriahan momen kemerdekaan dengan mengikuti kompetisi 17 Agustusan #MelodiKemerdekaan dari Pesona Indonesia di Instagram.

Dalam kompetisi ini, kamu ditantang untuk membuat video kreasi menyanyikan salah satu lagu daerah #DiIndonesiaAja yang sudah ditentukan. Setelah itu, unggah video di feed Instagram kamu dengan mention Instagram @pesonaid_travel dan sertakan hashtag #MelodiKemerdekaan pada caption. Ada hadiah uang tunai total jutaan rupiah serta ucapan spesial hari kemerdekaan dari Presiden Joko Widodo. Selain itu, para pemenang juga akan mendapatkan merchandise eksklusif Wonderful Indonesia dan gift box dari Rumah Digital Indonesia. Masih ada lagi, untuk video-video kreasi terbaik akan ditayangkan di semua media sosial Pesona Indonesia dan platform rumahdigitalindonesia.id. Periode kompetisi berlangsung mulai dari 27 Juli hingga 20 Agustus 2021.

Yuk, stay update dengan berbagai informasi seputar pariwisata serta ekonomi kreatif Indonesia! Pastikan kamu follow akun instagram @pesonaid_travel, ya!

Yang tak kalah penting, pastikan kamu juga selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan 6M. Mulai dari memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, menghindari makan bersama dan mengurangi mobilitas. Tak ketinggalan, segera lakukan vaksinasi ya, agar Indonesia bisa merdeka dari pandemi Covid-19. Jadi, kamu bisa bebas traveling dan belanja oleh-oleh lagi, deh!

Penulis: Nurfina Fitri melina/Editor: Bardjan    

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved