Breaking News:

Di Indonesia Aja

Siap Jajal Tren Wisata Nomadik? Ini 6 Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi!

Konsep wisata nomadik akan memberimu pengalaman berbeda karena kamu dibuat lebih menyatu dengan alam.

BizzInsight
Penulis: BizzInsight
Shutterstock
Ilustrasi wisata nomadik dengan menggunakan karavan. 

TRIBUNNEWS.COM - Indonesia selalu enggak pernah kehabisan potensi wisata yang memesona, termasuk beberapa destinasi wisata unggulan yang belum banyak dijangkau wisatawan.

Untungnya, saat ini telah hadir konsep wisata nomadik yang jadi sebuah tren liburan baru dan kini mulai banyak digandrungi wisatawan.

Sesuai namanya, wisata nomadik membuat wisatawan dapat menetap secara temporer dan berpindah dari satu destinasi ke destinasi lainnya dengan waktu yang singkat.

Wisatawan dapat memanfaatkan alternatif akomodasi yang unik dan bersifat portable (mudah dipindah-pindah), seperti glamour camping (glamping), homepod, atau bahkan dengan karavan.

Melalui wisata nomadik, wisatawan dapat menikmati liburan di daerah-daerah yang sulit dijangkau dan belum memiliki amenitas yang memadai. Konsep wisata nomadik juga akan memberimu pengalaman berbeda karena kamu dibuat lebih menyatu dengan alam.

Penasaran ingin mencobanya? Berikut 7 destinasi wisata nomadik #DiIndonesiaAja yang akan memberimu pengalaman seru. Untuk mendapat rekomendasi tempat wisata nomadik lainnya hingga informasi update seputar destinasi wisata dan produk kreatif lokal yang ada #DiIndonesiaAja, jangan lupa follow akun Instagram @pesonaid_travel.

1) Camping di tepi Danau Toba, Sumatera Utara

Pemandangan di sekitar danau toba.
Pemandangan di sekitar danau toba. (wonderfulimage.id)

Sambil melakukan camping khidmat di tepi Danau Toba, Sumatera Utara, kamu bisa menikmati pemandangan yang memesona dan mengunjungi berbagai spot di sana, mulai dari Parapat, Ambarita, Bakara, hingga Bukit Sibea-Bea.

Ingin jajal perairannya menggunakan perahu atau aktivitas olahraga air lainnya? Telusuri Air Terjun Situmurun atau jelajahi Danau Toba dengan menggunakan kayak. Bagaimana? Tentunya akan jadi pengalaman menarik yang belum pernah kamu coba sebelumnya, ya!

Jika tertarik mempelajari warisan budaya Suku Batak, kamu bisa mengunjungi Museum Tomok dan Museum Huta Bolon Simanindo. Untuk oleh-oleh, ulos serta jenis-jenis kopi yang terkenal dari Danau Toba seperti kopi lintong dan kopi sidikalang adalah cinderamata yang wajib masuk bucket list kamu, lho!

2) Wisata karavan di Belitung Timur

Lokasi pembuatan film Laskar Pelangi di Belitung Timur.
Lokasi pembuatan film Laskar Pelangi di Belitung Timur. (wonderfulimage.id)

Terkenal sebagai lokasi pembuatan film Laskar Pelangi, berbagai spot di Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung, dapat kamu kunjungi sambil berpindah-pindah menggunakan karavan.

Rasakan ketenangan jiwa yang menyatu bersama alam dengan mengunjungi Open Pit Nam Salu, Gunong Lumut, Pantai Burong Mandi, dan Hutan Tebat Rasau.

Selain itu, salah satu spot yang haram untuk dilewatkan adalah Museum Kata Andrea Hirata dan replika sekolah Laskar Pelangi.

Untuk wisata kuliner yang unik, kamu juga bisa menikmati madu bercita rasa manis dan sedikit asam khas Belitung di Peternakan Lebah Madu Kerangas. Bagi penikmat kopi, kunjungi Kota Manggar yang dikenal sebagai kota 1001 warung kopi.

3)  Camping di Hutan Hujan Sentul, Bogor

Suasana Camping di Hutan Hujan Sentul, Bogor.
Suasana Camping di Hutan Hujan Sentul, Bogor. (instagram.com/hutanhujansentul)

Rasakan sensasi camping dikelilingi pemandangan hamparan sawah dan hijaunya Hutan Pinus yang akan menghadirkan suasana sejuk dan damai di Hutan Hujan Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Berbagai aktivitas seru juga bisa kamu lakukan di sekitar Hutan Hujan Sentul. Misalnya kegiatan memanah atau melakukan trekking dengan sepeda yang akan memberikan sensasi menantang namun tetap menyenangkan.

Untuk menikmati waktu santai di sore hari, kamu dapat menyantap hidangan khas Sunda di Resto Lumbung Padi dan meminum kopi di Kedai Bawah Pohon Kopi yang ada di sekitar lokasi tersebut.

4) Kemah mewah di hutan pinus De Loano, Purworejo

Glamping bersama keluarga di De Loano.
Glamping bersama keluarga di De Loano. (instagram.com/deloano_glamping/)

Di De Loano, kamu bisa berkemah di tenda-tenda yang tertata menarik di lingkungan hutan pinus yang asri dan berudara sejuk seraya menikmati Kebun Teh Nglinggo.

Kamu juga bisa mengunjungi Candi Borobudur yang letaknya tidak jauh dari De Loano. Selain itu, beragam aktivitas outdoor yang menantang juga dapat kamu lakukan, lho! Seperti trekking, downhill biking, hingga menjelajahi hutan dengan offroad jeep.

Penasaran ingin mencoba amenitas lainnya? Selain glamping, rasakan sensasi menginap di homepod atau berpindah-pindah dengan karavan. Dijamin tak akan menyesal!

5) Wisata campervan di Bali

Wisata campervan di Bali.
Wisata campervan di Bali. (Shutterstock)

Bosen mantai terus di Bali? Kini, kamu juga dapat mencoba pengalaman wisata campervan yang penuh petualangan!

Mulai dari menikmati keindahan pasir putih di Pantai Pandawa, olahraga air di Bintang Beach Club Dive & Water Sport, hingga berkunjung ke Abiansila Adventure Ubud untuk melakukan petualangan menantang, semuanya bisa kamu nikmati sambil menyewa campervan.

Dengan kian populernya konsep digital nomad, kamu juga bisa berkunjung ke Canggu yang merupakan destinasi digital nomad favorit versi Nomadlist.com. Sambil bekerja di kemah tepi pantai, nikmati beragam hidangan kuliner khas Bali, healing dengan yoga, hingga keseruan berselancar.

6) Island-hopping di Raja Ampat, Papua Barat

Keseruan diving di Raja Ampat.
Keseruan diving di Raja Ampat. (indonesia.travel)

Aktivitas wajib di destinasi yang satu ini adalah snorkeling dan diving sembari menikmati keindahan bawah laut Raja Ampat yang memesona.

Selain itu, kamu juga bisa menyaksikan deretan pulau-pulau batu yang terlihat sebagai keindahan surgawi dengan trekking ke puncak bukit.

Tak sampai di situ, agar pengalaman wisata nomadikmu makin seru, kamu bisa ‘melompat’ ke berbagai pulau yang berbeda, misalnya berpindah dari Sorong ke Pulau Misool dengan kapal, serta merasakan keseruan camping di pinggir pantai.

Di tengah pandemi yang masih berlangsung, tren digital nomad menjadi sebuah konsep berlibur yang semakin diminati baik oleh turis domestik maupun mancanegara.

Dilansir dari situs Kemenparekraf, digital nomad sendiri merupakan istilah untuk menyebutkan seseorang yang dapat bekerja dengan memanfaatkan teknologi digital, sehingga tidak terikat oleh waktu dan tempat.

Baik untuk workation (work and vacation atau bekerja dan berlibur) maupun bleisure (business and leisure atau berbisnis sambil bersantai), kamu bisa tetap bekerja dengan konsep berlibur serta berpindah-pindah dari satu destinasi ke destinasi lainnya, lho!

Jika kamu berminat untuk mulai melakukan petualangan wisata nomadik atau menjadi digital nomad, ketujuh destinasi di atas wajib untuk masuk bucket list perjalananmu!

Tak kalah penting, saat pembatasan kegiatan melonggar dan memungkinkan kamu untuk kembali melakukan perjalanan serta berwisata, sebaiknya pilihlah destinasi wisata dan akomodasi yang sudah tersertifikasi CHSE.

Tentunya, jangan lupa untuk melaksanakan vaksinasi lengkap terlebih dahulu sebelum memulai perjalanan dan menjelajah destinasi-destinasi wisata di atas, ya! Selain menjadi salah satu syarat perjalanan, mengikuti vaksinasi adalah sebuah langkah krusial agar Indonesia dapat segera terbentuk herd immunity dan diharapkan terlepas dari pandemi.

Menparekraf Sandiaga Uno pun menyebutkan bahwa salah satu strategi penting untuk mendorong kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif adalah akselerasi vaksinasi serta penerapan protokol kesehatan berbasis CHSE.

“Kunci untuk menghadirkan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan sekaligus kebangkitan sektor parekraf adalah program vaksinasi dan protokol kesehatan. Ini yang akan terus kita lakukan. Sehingga ketika saatnya tiba, kita siap menyambut wisatawan,” ujar Menparekraf Sandiaga dalam siaran pers Menparekraf: Protokol Kesehatan dan Vaksinasi Jadi Kunci Pemulihan Sektor Parekraf (7/09/2021).

Dengan adanya program sertifikasi CHSE, penerapan protokol kesehatan yang ketat, serta capaian vaksinasi yang semakin baik, diharapkan geliat sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di tanah air akan segera pulih.

Agar tetap seru #DiRumahAja, kamu juga bisa mengikuti aktivitas seru yang beragam. Salah satunya dengan berpartisipasi di acara PUKIS (Pesona Punya Kuis) yang diselenggarakan oleh @pesonaid_travel. Raih beragam hadiah menarik untuk para pemenang, lho!

Untuk mengikuti PUKIS, kamu cukup mengikuti akun @pesonaid_travel, lalu like postingan terbaru PUKIS. Jawablah pertanyaan di kolom komentar, serta mention juga tiga temanmu, ya! Terdapat edisi kuis yang berbeda setiap hari selasa di setiap pekannya, jadi jangan sampai kelewatan!

Penulis: Anniza Kemala/Editor: Bardjan

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved