Breaking News:

Indonesia Ecofest 2021 Suguhkan Ekowisata Gaya Wisata Baru Pascapandemi

Ekowisata dorong tanggung jawab wisatawan untuk memelihara keseimbangan dan keberlanjutan lingkungan ekologis, sosial budaya dan  ekonomi masyarakat.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Willem Jonata
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Suasana Air Terjun Garut yang berada di Ekowisata Tangkahan, Langkat, Sumatera Utara, Senin(12/6/2017). Ekowisata Tangkahan merupakan wisata adventure dengan beragam aktivitas seperti tracking gajah, memandikan gajah, river tubing, dan melihat air terjun. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pariwisata menjadi salah satu sektor yang paling terdampak di Indonesia selama pandemi covid-19.

Data BPS (2021) menunjukkan bahwa terdapat penurunan jumlah wisatawan yang cukup signifikan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Total kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia pada tahun 2020 sebesar 4,02 juta kunjungan, turun sebesar 75,03 persen.

Sementara menurut Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf, jumlah wisatawan lokal menurun sebesar 61 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Meski sempat terguncang, kabar baiknya sejumlah pihak memprediksi bahwa perlahan tapi pasti sektor pariwisata akan bergairah kembali. Terlebih setelah pemerintah gencar melakukan program vaksinasi nasional. 

Baca juga: Pelaku Industri Pariwisata Sebut Harga Tes PCR Rp 300 Ribu Masuk Akal

Baca juga: Demi Pemulihan Ekonomi, Presiden Joko Widodo Serukan Koridor Wisata di ASEAN

Diperkirakan, pariwisata Indonesia akan kembali membaik pada semester II tahun 2021 ini.

Hanya saja, pelaku di sektor wisata harus siap dengan adaptasi kebiasaan baru, karena masyarakat lebih mempertimbangkan aspek healthy first dibanding safety first.

Aspek inilah yang menguatkan konsep ekowisata digadang-gadang menjadi tren, solusi dan andalan kebangkitan pariwisata nasional.

Baca juga: Raden Isnanta: Olahraga Tradisional Erat Kaitannya Dengan Budaya Dan Pariwisata

Ekowisata menyuguhkan lebih dari sekedar menikmati keindahan alam terbuka dalam jumlah wisatawan terbatas, tetapi juga mendorong tanggung jawab wisatawan untuk memelihara keseimbangan dan keberlanjutan lingkungan ekologis, sosial budaya dan  ekonomi masyarakat lokal.

Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved