Di Indonesia Aja

5 Spot Wisata Olahraga di Destinasi Super Prioritas, Liburan Bareng Teman-Teman Bakal Makin Seru!

Untuk kamu yang berencana memulai perjalanan wisata olahraga bersama teman-teman, yuk cek rekomendasi destinasi wisata olahraga di 5 DSP berikut.

BizzInsight
Penulis: BizzInsight
Shutterstock
Ilustrasi liburan sambil berolahraga. 

TRIBUNNEWS.COM - Lima Destinasi Super Prioritas (DSP) yang ada #DiIndonesiaAja, yaitu Danau Toba di Sumatera Utara, Borobudur di Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, dan Likupang di Sulawesi Utara telah menjadi primadona di kalangan para wisatawan lokal serta mancanegara.

Tak hanya memiliki tempat-tempat wisata terkenal yang menjadi favorit para pelancong, kelima DSP tersebut turut menawarkan pesona #WonderfulIndonesia yang memukau dan unik, serta berbagai destinasi wisata hidden gem yang mungkin saja belum kamu ketahui.

Meski belum begitu terkenal, beragam destinasi tersembunyi tersebut tak kalah menarik dengan tempat-tempat yang namanya sudah tersohor! Selain itu, beberapa dari hidden gems yang tersebar di lima DSP ini sangatlah cocok untuk dikunjungi oleh kamu yang menggemari olahraga dan mendambakan aktivitas seru saat liburan bersama teman-teman.

Terlebih lagi, bulan Juni adalah waktu yang tepat bagi kamu dan teman-teman untuk melaksanakan wisata olahraga, lho! Soalnya, terdapat berbagai pelaksanaan events serta hari olahraga pada bulan Juni ini, seperti Hari Sepeda Internasional, Hari Yoga Sedunia, World Surf League, dan Formula E.

Untuk kamu yang berencana memulai perjalanan wisata olahraga bersama teman-teman, yuk cek rekomendasi destinasi wisata olahraga di 5 DSP berikut. Dengan berkunjung ke destinasi-destinasi yang ada di bawah ini, kamu akan bisa berpetualang ke tempat-tempat baru yang mungkin tak terbayangkan sebelumnya serta mendapatkan pengalaman beraktivitas fisik yang seru. 

Untuk rekomendasi serta informasi lainnya terkait destinasi pariwisata serta berbagai aktivitas seru yang bisa kamu lakukan #DiIndonesiaAja, jangan lupa ikuti akun @pesona.indonesia di Instagram dan akun @pesonaindonesia di Tiktok ya!

1. Hiking ke Puncak Bukit Siadtaratas, Toba, Sumatra Utara

Hiking ke Puncak Bukit Siadtaratas.
Hiking ke Puncak Bukit Siadtaratas. (https://pesonaindonesia.kompas.com/)

Hal yang wajib dilakukan saat berkunjung ke DSP Toba tak lain adalah menikmati keindahan dari Danau Toba itu sendiri. Selain mendatangi Danau Toba secara langsung, kamu dan teman-teman juga bisa menjajal aktivitas fisik dengan berkunjung ke sebuah hidden gems yang terletak di sampingnya, yaitu Bukit Siadtaratas.

Untuk dapat menuju ke puncak bukit ini dan menikmati keindahan panorama alamnya, kamu dan teman-teman perlu hiking terlebih dahulu. Sebelum memulai perjalanan, jangan lupa untuk persiapkan kondisi fisik secara matang agar bisa mencapai puncak bukit dalam kondisi prima.

Selain menyaksikan pesona alam dari Danau Toba serta panorama hijau yang terbentang di sekitarnya, kamu pun bisa menambah keseruan dengan berkemah di spot hidden gems yang satu ini serta melihat matahari terbenam dari puncak Bukit Siadtaratas bersama teman-teman.

2. Pacu adrenalin lewat arung jeram di Sungai Elo, Borobudur, Jawa Tengah

Wisata arung jeram di Sungai Elo.
Wisata arung jeram di Sungai Elo. (Kompas.com/Nicholas Ryan Aditya)

Salah satu jenis kegiatan yang identik dengan wisata olahraga adalah arung jeram. Aktivitas yang satu ini bisa kamu lakukan bersama teman-teman saat berkunjung ke DSP Borobudur, tepatnya di Sungai Elo, Desa Pare, Magelang.

Terletak tak jauh dari kawasan Candi Borobudur, Sungai Elo menawarkan pengalaman olahraga yang menantang serta memacu adrenalin dengan aliran sungainya yang cukup deras, sehingga lebih mengasyikkan untuk dilakukan secara beramai-ramai. Selain itu, destinasi ini juga menawarkan panorama alam yang eksotis nan memesona.

Tak perlu khawatir meskipun kamu dan teman-teman masih pemula dalam bidang olahraga ini, karena Sungai Elo menghadirkan standar dan prosedur keamanan yang telah terjamin serta pemandu yang akan menemani pengalaman arung jeram-mu!

3. Gowes seru di Desa Bilebante, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat

Wisata arung jeram di Sungai Elo.
Wisata arung jeram di Sungai Elo. (Kompas.com/Nicholas Ryan Aditya)

Mendambakan destinasi tersembunyi yang menyuguhkan suasana hijau? Desa Bilebante adalah tempatnya! Hidden gem yang terletak di sekitar DSP Mandalika, Lombok Tengah ini menghadirkan konsep ekowisata yang memungkinkan untuk gowes seru bersama teman-teman.

Sambil mengayuh sepeda di sore hari, kamu bisa menghirup udara sejuk, menjelajahi berbagai spot unik seperti kebun herbal, Jembatan Lime, dan Pura Lingkar Kelud, serta berinteraksi dengan penduduk lokal!

Usai bersepeda, masih ada aktivitas-aktivitas lain yang bisa dilakukan, seperti berpetualang ke bumi perkemahan, berenang, memancing di kolam di Pasar Pancingan, hingga mengunjungi fasilitas terapis kebugaran. Dengan begitu beragamnya aktivitas yang ditawarkan, Desa Bilebante dinobatkan sebagai Desa Wisata Terbaik dalam ajang Desa Wisata Award 2017 oleh Kemendes PDTT.

4. Sensasi berenang yang berbeda di Gua Rangko, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

Berenang di Gua Rangko.
Berenang di Gua Rangko. (Kompas.Id/Ismail Zakaria)

Labuan Bajo telah berkembang menjadi destinasi wisata hits dengan eksotisme pantainya yang tersohor. Ternyata, daya tarik Labuan Bajo tidak terhenti sampai di situ, karena ada banyak destinasi hidden gem yang terdapat di DSP ini, salah satunya adalah Gua Rangko.

Destinasi wisata unik nan tersembunyi ini sangat cocok untuk kamu yang menginginkan pengalaman wisata olahraga yang tak biasa bersama teman-teman. Di sini, kamu bisa merasakan sensasi berenang di kolam air asin yang terletak di mulut gua dengan kedalaman berkisar 3 hingga 4 meter.

Dengan airnya yang berwarna kebiruan serta suasananya yang tenang, berenang di Gua Rangko terasa layaknya berenang di kolam pribadi, membuatnya berbeda dengan sensasi berenang di pantai! Lalu, kamu juga akan menemukan pemandangan unik saat berenang di sini dengan langit-langit gua yang diliputi dengan stalaktit dan stalakmit.

5. Diving dan snorkeling di Pantai Pulisan, Likupang Timur, Sulawesi Utara

Aktivitas di Pantai Pulisan (Tribun Manado/Finneke Wolajan)
Aktivitas di Pantai Pulisan (Tribun Manado/Finneke Wolajan) (Tribun Manado/Finneke Wolajan)

Saat berlibur ke pantai bersama teman-teman, kamu pun tetap bisa melakukan aktivitas olahraga yang seru seperti berenang dan menyelam. Aktivitas-aktivitas seru tersebut tidak dapat dilewatkan saat kamu berkunjung ke Pantai Pulisan yang terletak di DSP Likupang.

Selain menghadirkan pemandangan pasir putih yang memukau, kamu juga akan disambut dengan deretan bebatuan eksotis serta bukit savanna yang memukau di surga tersembunyi ini. Dengan lima titik pantai yang dipisahkan oleh tebing, kamu bisa menjelajahi setiap titik dengan menggunakan perahu kecil beramai-ramai.

Pemandangan bawah laut Pantai Pulisan pun tak kalah memesona, terutama dengan terumbu karangnya yang eksotis. Karena itulah, tempat ini menjadi sebuah spot yang cocok untuk kamu yang menggemari olahraga laut seperti diving dan snorkeling.

Apakah kamu sudah membayangkan keseruan saat berkunjung ke 5 destinasi di atas?  Wisata olahraga atau sport tourism memang menghadirkan sensasi yang berbeda. Karena itulah, jenis wisata ini menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi para pelancong yang menggemari aktivitas fisik bersama teman-teman.

Keseruan dari wisata olahraga juga didukung dengan terdapatnya lima DSP yang diwarnai dengan beragam surga tersembunyi. Keberadaan DSP #WonderfulIndonesia ini tidak hanya menghadirkan daya tarik bagi kamu, para wisatawan, namun juga bertujuan untuk mendukung sektor ekonomi kreatif setempat.

Dengan berlibur ke lima DSP serta destinasi-destinasi lain yang ada #DiIndonesiaAja, kamu dapat berkontribusi dalam memulihkan dan mendorong geliat sektor parekraf serta menggerakkan kembali roda perekonomian masyarakat sekitar di tengah badai pandemi yang kini masih berlangsung, salah satunya dengan #BeliKreatifLokal produk-produk masyarakat setempat.

Dalam rangka mendorong pemulihan dan perkembangan sektor parekraf di tengah pandemi Covid-19, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) pun tak henti melakukan berbagai inovasi serta mendorong transformasi.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyebutkan bahwa Indonesia saat ini menjadi acuan dunia dalam penanganan pandemi Covid-19 dan keberhasilan dalam membangkitkan sektor pariwisata setelah dua tahun dihantam pandemi.

Hal tersebut disampaikan Menparekraf Sandiaga Uno usai memberikan sambutan di event 'High-level Thematic Debate on Tourism' yang digelar di United Nations General Assembly Hall, New York, Amerika Serikat, Rabu (4/5/2022).

Menparekraf Sandiaga mengatakan, pandemi Covid-19 memberikan dampak yang besar terhadap industri pariwisata dunia. Pandemi membuat pergerakan turis internasional turun 73 persen dibanding dari level pra-pandemi tahun 2019. Namun, Indonesia melihat tren positif dalam perjalanan dan pariwisata global dengan pertumbuhan 130 persen pada Januari 2022, dibandingkan dengan tahun 2021.

"Namun, kami tidak boleh berpuas diri. Sangat penting bagi kita untuk tidak kembali ke pendekatan bisnis seperti biasa. Kita harus membangun kembali industri pariwisata dengan lebih baik, lebih berkelanjutan, dan lebih tangguh," kata Sandiaga Uno.

Buat kamu yang sedang merencanakan wisata olahraga bersama teman-teman di Bulan Juni ini, jangan lupa untuk melaksanakan vaksinasi lengkap dan booster sebelum memulai perjalanan, ya! Selain itu, tetaplahdisiplin menerapkan protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan) serta berkunjung ke tempat-tempat wisata yang telah memiliki sertifikasi CHSE.

Berbagai langkah tersebut perlu dilakukan agar kamu, orang-orang sekitarmu, serta wisatawan lain tetap dapat merasa aman dan nyaman selagi berlibur dan berolahraga di tengah pandemi.

Untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai destinasi wisata, event menarik, serta ekonomi kreatif #DiIndonesiaAja, jangan lupa untuk mem-follow akun Instagram @pesona.indonesia dan akun TikTok @pesonaindonesia ya!

Penulis: Anniza Kemala | Editor: Firda Fitri Yanda

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved