Semesta Dairi Memanggil, Terobosan Konsep Promosi Pariwisata Kreatif dalam Semangat G20

Program Semesta Dairi Memanggil ini dimaksudkan untuk membawa wisatawan lokal dan mancanegara termasuk anak daerah yang sukses di perantauan.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Willem Jonata
Ist
Kiri ke kanan: Uli Silalahi (chairwoman W20); Romy Mariani Simarmata (Ketua TP PKK Kab. Dairi, Ketua Dekranasda Kab. Dairi, Bunda PAUD Kab. Dairi); Eddy K.A. Berutu (Bupati Kab. Dairi); Jimmy Panjaitan (Dirut BPODT) saat acara jumpa pers Peluncuran Program Semesta Dairi Memanggil, Kamis (2/6/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kabupaten Dairi merupakan salah satu dari tujuh kabupaten yang mengelilingi Danau Toba dan berada di daratan tinggi Bukit Barisan.

Lingkungan Kabupaten Dairi juga berperan sebagai penyangga ekosistem Danau Toba, dengan memiliki sungai-sungai yang mengalir ke Danau Toba.

Keberagaman etnis yang mendiami Kabupaten Dairi seperti Pakpak, Toba, Karo, Simalungun, Mandailing, Nias, Minang, Aceh, Jawa dan Tionghoa merupakan warisan budaya bangsa yang bernilai luhur yang membentuk identitas Kabupaten Dairi.

Baca juga: Jelang KTT G20, Pemerintah Kebut Pembangunan Infrastruktur Penunjang di Bali

Berbagai potensi wisata alam dan budaya ini yang merupakan aset yang sangat potensial untuk pengembangan kepariwisataan.

Dalam mengembangkan potensi besar ini, maka berbagai upaya telah dan sedang dilakukan, salah satunya adalah program Semesta Dairi Memanggil.

Ini merupakan program penguatan destinasi paiwisata dan kebudayaan dengan cara menerapkan konsep promosi pariwisata dan kebudayaan yang kreatif, punya terobosan baru, dan bisa mewujudkan semangat G20.

Bupati Dairi, Eddy KA Berutu mengatakan, masyarakat luas dapat mengenal potensi pariwisata dan kebudayaan di Kabupaten Dairi.

“Kami memiliki potensi wisata yang luar biasa. Ada Danau Toba, ada gunung, daerah pertanian yng subur, ada kopi Sidikalang yang enak dan juga kain tenun yang indah. Jika dikelola dengan baik, semua ini akan menjadi daya tarik pariwisata yang menjanjikan,” kata Bupati Eddy dalam acara jumpa pers Peluncuran Program Semesta Dairi Memanggil, Kamis (2/6/2022).

Menurut Eddy, memanggil merupakan kata yang sangat mudah dimengerti oleh siapa saja dan dari mana saja sehingga Semesta Dairi Memanggil ini dimaksudkan untuk membawa wisatawan lokal dan mancanegara termasuk anak daerah yang sukses di perantauan untuk datang dan berkunjung ke Dairi, menikmati berbagai keindahan alam dan budaya yang ada di Kabupaten Dairi.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved