Di Indonesia Aja

5 Aktivitas Seru saat Liburan ke Desa Wisata Pemuteran, Surga Wisata Laut di Bali

Desa Wisata Pemuteran merupakan wilayah terbesar dari terumbu karang dangkal di Bali dan menjadi salah satu tempat wisata bahari yang memikat.

BizzInsight
Penulis: BizzInsight
Shutterstock
Pemandangan Desa Wisata Pemuteran. 

TRIBUNNEWS.COM, BALI – Masih banyak yang belum tahu jika tanggal 8 Juni diperingati sebagai Hari Laut Sedunia. Sebagai negara maritim, Indonesia memiliki kekayaan laut yang berlimpah serta wisata pantai yang memesona. Terlebih, sekitar 62 % luas wilayah Indonesia merupakan laut dan perairan.

Momen ini pun menjadi pengingat bagi kita akan pentingnya menjaga ekosistem laut, dan bagaimana kita harus menjaganya agar generasi mendatang bisa tetap menikmati keindahan ini.

Selain sebagai pengingat, momen Hari Laut Sedunia ini juga bisa kita manfaatkan untuk menikmati keindahan laut di Indonesia, yakni dengan berlibur ke tempat wisata perairan atau pantai-pantai #WonderfulIndonesia yang tentu akan sangat cocok dikunjungi baik bersama keluarga, teman, atau pasangan.

Salah satu destinasi yang menyimpan keindahan laut adalah Desa Wisata Pemuteran. Surga tersembunyi yang terletak di Kabupaten Buleleng, Bali, ini dulunya adalah bekas desa nelayan yang kini populer hingga ke mancanegara dalam beberapa tahun terakhir.

Desa Wisata Pemuteran merupakan wilayah terbesar dari terumbu karang dangkal di Bali dan menjadi salah satu tempat wisata bahari yang memikat. Desa kecil nan tenang ini terletak di bagian barat laut Bali, sekitar 3 jam dari Kuta. Jaraknya pun hanya sekitar 15 kilometer dari kawasan Taman Nasional Bali Barat.

Tak hanya itu, Desa Wisata Pemuteran juga termasuk salah satu desa wisata terbaik untuk liburan yang telah mendapatkan Sertifikat Desa Wisata dan Penghargaan Desa Wisata Berkelanjutan dari Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno pada tahun 2021 lalu.

Punya keindahan alam bawah laut yang menakjubkan, ada 5 aktivitas seru yang bisa kamu lakukan ketika berlibur ke Desa Wisata Pemuteran, Bali. Untuk mengetahui rekomendasi destinasi wisata perairan lainnya, jangan lupa follow akun Instagram @pesona.indonesia dan TikTok @pesonaindonesia, yah!

1. Menjajal surga wisata bahari

Salah satu pemandangan ketika snorkeling di alam bawah laut Desa Wisata Pemuteran Bali.
Salah satu pemandangan ketika snorkeling di alam bawah laut Desa Wisata Pemuteran Bali. (jelajah.kompas.id)

Desa Wisata Pemuteran merupakan surga wisata bahari yang tak boleh kamu lewatkan. Apalagi di sini terdapat total 30 spot snorkeling dan diving yang menawarkan keindahan lebih 80 % jenis terumbu karang di dunia. Semua itu bisa kamu lihat secara langsung hanya di perairan Desa Wisata Pemuteran.

Keindahan alam bawah laut Pemuteran dijamin akan membuat kamu berdecak kagum. Salah satu spot yang jadi favorit wisatawan adalah Spot Underwater Temple Garden yang terkenal dengan aura misteriusnya berkat beragam arca yang berdiri kokoh di tengah jernihnya air laut.

2. Mengunjungi penangkaran penyu

Penangkaran Penyu Desa Wisata Pemuteran Bali.
Penangkaran Penyu Desa Wisata Pemuteran Bali. (indonesia.travel)

Selain snorkeling dan diving, kamu juga bisa melihat dan belajar mengenai penyu di penangkaran penyu yang dikelola Kelompok Pelestari Penyu Pemuteran Hijau.

Tak hanya itu, pengelola penangkaran penyu Reef Seen Diver’s Resort bekerja sama dengan masyarakat sekitar juga menggelar aktivitas melepaskan penyu ke laut, lho! Sudah terbayang bukan betapa serunya melepas bayi-bayi penyu yang lucu dan imut ini?

3. Relaksasi di Pantai Pemuteran

Pantai Pemuteran yang tenang dan damai.
Pantai Pemuteran yang tenang dan damai. (indonesia.travel)

Sudah melepas bayi-bayi penyu, kamu sekarang bisa relaksasi di Pantai Pemuteran. Suasana pantai ini sepi, tenang, dan damai dengan angin sepoi-sepoi yang membuat kamu sejenak melupakan kesibukan kota besar.

Selain relaksasi, di pantai berpasir hitam ini kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seru lainnya, mulai dari berjemur, bermain voli pantai bersama teman-teman, main pasir, hingga berenang di tepi lautan yang dangkal dan berair tenang.

4. Menikmati matahari terbenam dari Bukit Kursi Pemuteran

Bukit Kursi Pemuteran yang asri dan hijau.
Bukit Kursi Pemuteran yang asri dan hijau. (indonesia.travel)

Jika sudah puas bermain air, sebelum hari gelap, jangan lupa untuk menikmati matahari terbenam dari Bukit Kursi Pemuteran. Di bukit asri ini, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan hijau, sekaligus melihat Pantai Pemuteran dari ketinggian.

Selain pemandangannya yang indah, saat ke sini jangan lupa juga berkunjung ke Pura Bukit Batu Kursi, salah satu pura keramat yang ada di Bali.

5. Mencicipi kuliner autentik Bali

Salah satu kuliner autentik Desa Wisata Pemuteran Bali.
Salah satu kuliner autentik Desa Wisata Pemuteran Bali. (indonesia.travel)

Kuliner asli Bali tidak perlu diragukan lagi kelezatannya. Asyiknya di Desa Wisata Pemuteran kamu bisa mencicipi kuliner autentik Bali.

Dimasak langsung oleh tangan masyarakat lokal, menu wajib yang bisa kamu coba di antaranya nasi campur, ayam betutu, dan sate lilit. Semua makanan tersebut akan terasa nikmat dan memanjakan lidah, apalagi melepas lelah setelah seharian penuh beraktivitas.

Selain menyenangkan, 5 aktivitas seru di Desa Wisata Pemuteran ini sangat cocok untuk relaksasi, terutama bagi mereka yang merasa penat dan jenuh dengan kesibukan di kota besar.

Tak hanya itu, berlibur ke Desa Wisata Pemuteran juga membuat kamu turut membantu menghidupkan kembali geliat perekonomian setempat dan memulihkan perekonomian nasional, yakni dengan #BeliKreatifLokal, seperti membeli kerajinan tangan atau kuliner khas Bali.

Jika kebetulan kamu berliburan pada November 2022 nanti, jangan lupa juga untuk menghadiri Pemuteran Bay Festival, event tahunan yang digelar Pemprov Bali yang menghadirkan rangkaian perhelatan seni dan budaya yang digabungkan dengan aktivitas konservasi laut, yakni penanaman terumbu karang.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno pun mendorong kepala daerah untuk menghadirkan event-event yang unggul dan berkualitas. Hal tersebut demi meningkatkan daya tarik wisata sekaligus sebagai upaya membangkitakan ekonomi dan membuka lapangan kerja di daerah masing-masing melalui sektor pariwisata.

“Ini adalah upaya kita bersama untuk menjadikan event-event ini nantinya bisa menjadi daya tarik wisata, menjadi penggerak ekonomi daerah dan mampu membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Sehingga, saya harap kepala daerah dapat menghadirkan event-event yang berkualitas,” ujar Sandiaga di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa (24/5/2022).

Bagaimana, sudah tidak sabar merencanakan liburan ke surga wisata laut Desa Wisata Pemuteran? Sesampai di sana, jangan sampai lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan 3M (mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak) serta melengkapi vaksinasi dan melakukan booster untuk mencegah penularan Covid-19. Jangan lupa juga untuk memilih akomodasi perjalanan yang tersertifikasi CHSE agar rencana liburan ke destinasi wisata #WonderfulIndonesia tetap lancar dan menyenangkan.

Untuk rekomendasi destinasi wisata lainnya yang pas untuk melepas penat, yuk follow akun Instagram @pesona.indonesia dan TikTok @pesonaindonesia.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved