Di Indonesia Aja

Rayakan HUT DKI Jakarta dengan Mencicipi 7 Wisata Kuliner Legendaris Ibu Kota Ini, yuk!

Dalam merayakan HUT Jakarta, 7 tempat legendaris ini bisa kamu kunjungi untuk mendapatkan pengalaman yang berbeda.

BizzInsight
Penulis: BizzInsight
Shutterstock
Ilustrasi ibu kota Jakarta di area Monumen Nasional, Jakarta Pusat. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Dalam merayakan hari ulang tahun (HUT) DKI Jakarta ke-495, kamu bisa mengunjungi berbagai rangkaian event yang digelar oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, salah satunya adalah Jakarta Fair atau Pekan Raya Jakarta.

Tak hanya itu, kamu juga bisa merayakan HUT ibu kota dengan liburan ke destinasi wisata di Jakarta, lho! Selain itu, kamu juga bisa menjelajah berbagai spot wisata kuliner legendaris ibu kota dan mencicipi beragam sajian makanan dan minuman unik dan nikmat.

Sebagai rekomendasi, berikut tujuh destinasi wisata kuliner legendaris ibu kota yang bisa dikunjungi sebagai bentuk perayaan HUT Kota Jakarta.

Untuk rekomendasi spot kuliner terkenal di berbagai daerah lainnya, jangan lupa untuk follow akun Instagram @pesona.indonesia dan TikTok @pesonaindonesia ya!

1. Es Ragusa Italia

Menu Spaghetti Ice Cream di Es Ragusa Italia.
Menu Spaghetti Ice Cream di Es Ragusa Italia. (Instagram @ragusa.jkt)

Tempat makan yang satu ini memang sangat terkenal dan telah menjadi daya tarik wisatawan selama bertahun-tahun. Es Ragusa Italia berada di Jalan Veteran I Nomor 10, Gambir, Jakarta Pusat.

Spot menyantap es krim khas Italia ini sudah berdiri sejak 1932 silam. Jika kamu berkunjung pada akhir pekan, jangan kaget dengan antrean yang panjang, ya! Selain Spaghetti Ice Cream, kamu bisa memesan beberapa menu lain, seperti Chocolate Sundae, Tutti Frutti, Cassata Siciliana, dan Banana Split.

Oh ya, Es Ragusa Italia kini bisa dipesan secara online, lho! Untuk informasi pemesanan online dan melihat menu lainnya, silakan kunjungi akun Instagram @ragusa.jkt.

2. Maison Weiner

Penampakan roti di Maison Weiner Cake Shop yang legendaris.
Penampakan roti di Maison Weiner Cake Shop yang legendaris. (Instagram @maisonweiner)

Berburu kuliner di Jakarta tidak afdal jika tidak mengunjungi Maison Weiner, apalagi jika kamu penggemar aneka roti. Maison Weiner Cake Shop merupakan toko bakery tertua di ibu kota yang sudah berdiri sejak tahun 1936 silam.

Toko roti ini menyediakan lebih dari 50 varian roti klasik khas Eropa, mulai dari roti tawar, roti manis, croissant, hingga sourdough ala Eropa.

Yuk, temukan roti favoritmu di Maison Weiner yang berada di Jalan Kramat II Nomor 2, Kwitang, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat. Satu roti Maison Weiner dijual dengan kisaran harga Rp10.000 hingga Rp20.000. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi akun Instagram @maisonweiner.

3. Ketan Susu Kemayoran

Menu Ketan Susu Kemayoran yang legendaris.
Menu Ketan Susu Kemayoran yang legendaris. (Instagram @ketansusukemayoran1958)

Ketan Susu Kemayoran tentu tidak boleh luput dari daftar kunjungan ketika liburan ke Jakarta. Spot kuliner yang berdiri sejak tahun 1958 silam ini pernah dikunjungi oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Menu utama yang disuguhkan adalah ketan original, yakni ketan kelapa dan ketan susu. Tak hanya itu, ada pula menu tambahan lainnya seperti beragam gorengan, mulai dari gorengan tempe, pisang, ubi, dan singkong. Meski banyak menu lainnya, ketan susu tetap jadi primadona dari tempat ini.

Ketan Susu Kemayoran berada di Kemayoran Gempol, Jakarta Pusat. Untuk melihat menu-menu istimewa lain dari Ketan Susu Kemayoran yang melegenda ini, kunjungi akun Instagram @ketansusukemayoran1958.

4. Kopi Es Tak Kie

Menu Kopi di Kopi Es Tak Kie yang legendaris, tidak kalah dengan es kopi susu yang tren sekarang.
Menu Kopi di Kopi Es Tak Kie yang legendaris, tidak kalah dengan es kopi susu yang tren sekarang. (Instagram @kopiestakkieglodok)

Saat mampir ke Glodok, Jakarta Barat, kamu wajib mencicipi kopi legendaris dari Kopi Es Tak Kie. Sebelum kemunculan beragam es kopi susu kekinian, minuman es kopi satu ini sudah terkenal di ibu kota sejak sejak tahun 1927.

Kopi Es Tak Kie yang menyuguhkan suasana kedai kopi klasik ini didirikan oleh Liong Kwie Tjong. Tak hanya es kopi, kamu juga bisa memesan kopi hangat yang tak kalah nikmat dari resep rahasia kopi susu turun temurun selama hampir ratusan tahun.

Saat ini, Kopi Es Tak Kie memiliki lima cabang selain pusatnya di Glodok, yakni di Mal Taman Anggrek, Tokyo Riverside Pantai Indah Kapuk, Pantjoran Pantai Indah Kapuk, Gandaria City, dan Sarinah. Untuk melihat rekomendasi menu Kopi Es Tak Kie, kunjungi akun Instagram @kopiestakkieglodok.

5. Mie Ayam Gondangdia

Mie Ayam Gondangdia legendaris yang bisa dinikmati semua golongan.
Mie Ayam Gondangdia legendaris yang bisa dinikmati semua golongan. (Tribunjakarta.com/Satrio Sarwo Trengginas)

Mie Ayam Gondangdia adalah salah satu menu bakmi favorit yang menyajikan mi dengan tekstur yang tipis dan lembut. Potongan ayam manisnya pun sangat juicy. Berlokasi di Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, restoran mi ayam ini sudah eksis sejak tahun 1968 silam.

Mengandalkan resep warisan keluarga turun-temurun, sejak awal berdiri, menu bakmi Mie Ayam Gondangdia sangat digemari oleh semua kalangan, bahkan ngetop di kalangan selebritas. Rasa gurihnya tidak ada lawan!

Sebelum menjajal langsung kenikmatan mie ayam halal dengan cita rasa autentik ini, kamu bisa main-main sejenak ke akun Instagram @miegondangdia.

6. Gandy Steak House

Olahan daging yang sungguh lezat di Gandy Steak House.
Olahan daging yang sungguh lezat di Gandy Steak House. (Instagram @gandysteak)

Gandy Steak House terletak di Jalan HOS Cokroaminoto Nomor 90, Menteng, dan sudah berdiri sejak tahun 1973. Sampai sekarang, suasana vintage masih dipertahankan oleh pemiliknya.

Gandy Steak House menyajikan menu serba steak berbahan daging sapi atau ayam. Kamu wajib banget mencicipi menu favoritnya, yakni steak ala Gandy seharga Rp99 ribu. Steak-nya menggunakan daging sapi segar yang sudah dicincang kasar dan tanpa lemak.

Selain steak, ada juga serangkaian menu pasta, seperti beef bacon spaghetti carbonara. Harganya pun cukup terjangkau untuk rasa makanan yang sangat lezat, yakni berkisar Rp300.000 untuk dua orang.

Untuk menjajal rekomendasi menu nikmat lainnya dari Gandy Steak House, kunjungi akun Instagram @gandysteak.

7. Pempek Megaria

Pempek Megaria legendaris dengan kuah cuko yang pekat dan lezat
Pempek Megaria legendaris dengan kuah cuko yang pekat dan lezat (Instagram @pempek.megaria)

Masih di sekitaran Jakarta Pusat, tepatnya di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 21, Cikini, kamu bisa mengunjungi Pempek Megaria yang nikmatnya tak pernah pudar selama lebih dari 30 tahun. Tempat ini sudah berdiri sejak tahun 1989 silam.

Rasa pempeknya yang lezat, kian lengkap ditambah dengan kuah cuko yang pekat. Cukup merogoh kocek Rp25 ribu, kamu sudah bisa menikmati satu porsi pempek kapal selam dengan rasa ikan tenggiri yang nikmat.

Kabar baiknya, kamu juga bisa membeli Pempek Megaria di layanan pesan antar favoritmu, lho! Untuk info lebih lanjut, kunjungi akun Instagram @pempek.megaria.

Itulah tujuh rekomendasi destinasi wisata untuk kulineran saat merayakan HUT Jakarta. Perlu diingat, saat mengunjungi ketujuh tempat kuliner di atas, kamu juga harus tetap waspada dengan penularan Covid-19. Untuk itu, jangan sampai protokol kesehatan kendor ya!

Terlebih, tren Covid-19 kembali naik di ibu kota dan beberapa daerah dengan kehadiran varian baru Omicron BA-4 dan BA-5.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif Sandiaga Salahuddin Uno juga turut mengingatkan pelaku pariwisata untuk meningkatkan kewaspadaannya dalam mengantisipasi gelombang baru penularan Covid-19.

“Kita harus tetap waspada dan harus meningkatkan kewaspadaan kita. Kita patuhi aturan dari pemerintah, terutama mengenai vaksinasi dan booster,” kata Sandi, dikutip dari Kompas.com, Selasa (21/6/2022).

Untuk itu, Sandi mengajak semua pelaku industri agar tetap dan terus menjaga protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. Kepatuhan terhadap protokol kesehatan dan juga vaksinasi yang lengkap, menurut Sandi, menjadi salah satu kunci untuk terus membangkitkan ekonomi Indonesia setelah dilanda Covid-19 dua tahun lalu.

“Kita berharap kenaikan kasus yang dipicu BA-4 dan BA-5 ini tidak menghambat momen kebangkitan ekonomi kita karena kita dalam proses mencetak 1 juta lapangan kerja baru. Ini yang harus menjadi perhatian kita,” beber Sandi.

Bagaimana, tambah ngiler kan melihat rekomendasi destinasi wisata kuliner legendaris Jakarta di atas? Yuk, vaksinasi Covid-19 lengkap dan lakukan booster supaya kamu bisa berkeliling spot kuliner hits ibu kota dengan lebih nyaman dan leluasa!

Untuk melihat rekomendasi kuliner lain dari berbagai daerah dan informasi lebih lanjut mengenai pariwisata dan ekonomi kreatif, yuk follow akun Instagram @pesona.indonesia dan TikTok @pesonaindonesia.

Penulis: Matheus Elmerio Manalu | Editor: Bardjan

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved