Mengenal Danau Tolire yang Berada di Kaki Gunung Gamalama, Ini Sejarah Terbentuknya

Danau Tolire merupakan danau yang terletak di kaki Gunung Gamalama, Maluku Utara yang terbentuk akibat adanya peristiwa maar.

Sriwijaya Post/Fajeri Ramadoni
Danau Tolire, di Tenate, Maluku Utara. Danau Tolire merupakan danau yang terletak di kaki Gunung Gamalama, Maluku Utara. 

TRIBUNNEWS.COM - Danau Tolire merupakan danau yang terletak di kaki Gunung Gamalama, Maluku Utara.

Danau Tolire terdiri dari Danau Tolire besar dan Danau Tolire kecil, yang berdasar proses terbentuknya, danau ini digolongkan sebagai danau vulkanik type Maar.

Dikutip dari vsi.esdm.go.id, terbentuknya Danau Tolire ini bermula ketika terjadi peristiwa Maar pada 1775, tepatnya pada 5-7 September 1775.

Erupsi Maar itu terjadi di sekitar Desa Soela Takomi atau 1,5 km sebelah baratdaya dari Desa Takomi sekarang.

Disebutkan erupsi itu didahului oleh beberapa kali gempa besar, kemudian terjadi letusan uap (freatik) hingga beberapa jam sebelum fajar pada 5 September.

Baca juga: KRONOLOGI Remaja Diterkam Buaya di Danau Tolire Ternate, Berawal dari Memancing Bersama Teman

Danau Tolire, di Ternate, Maluku Utara.
Danau Tolire, di Ternate, Maluku Utara. (Sriwijaya Post/Fajeri Ramadoni)

Proses erupsi freato-magmatik ini menyisakan sebuah kawah besar dan melenyapkan (amblesnya) Desa Soela Takomi yang berada di atasnya bersama penduduknya.

Letusan berikutnya berlangsung kembali pada 7 September, dan ketika penduduk sekitarnya datang melihat apa yang terjadi, ternyata Desa Soela Takomi sudah tidak ditemukan lagi.

Yang mereka temukan adalah sebuah kawah bergaris tengah 700 m (bagian atas) dan 350 m bagian dasar sedalam antara 40 - 50 m.

Demikian besarnya danau maar tersebut sehingga banyak penulis berpendapat bahwa terbentuknya akibat amblasan tanah (land subsidence) akibat gempabumi.

Lubang besar itu dikemudian hari terisi air dan saat ini disebut sebagai Danau Tolire Jaha (Besar) dan Tolire Kecil.

Gunung Gamalama di Ternate, Maluku Utara, mengeluarkan asap tipis dari kawah, Jumat (11/3/2016). Gamalama yang merupakan salah satu gunung aktif di Indonesia menyemburkan abu vulkanik pada Rabu (3/8/2016)
Gunung Gamalama di Ternate, Maluku Utara, mengeluarkan asap tipis dari kawah, Jumat (11/3/2016). (KOMPAS/HERU SRI KUMORO)

Baca juga: Ikan Red Devil, Spesies Ikan Hias Cantik dan Agresif yang Muncul di Danau Toba

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved