Trisakti Sadarehe, Jalur Pendakian Baru Taman Nasional Gunung Ciremai Dengan Sensasi Berbeda

-Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) meresmikan Trisakti Sadarehe sebagai jalur pendakian baru pada Kamis (25/8/2022).

Dok KLHK
Kini jalur pendakian Gunung Ciremai bertambah satu dengan diresmikannya jalur Trisakti Sadarehe, pada Kamis (25/8). Jalur baru ini akan menambah pengalaman para pendaki dengan karakternya sendiri dan memberikan sensasi berbeda. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) meresmikan Trisakti Sadarehe sebagai jalur pendakian baru pada Kamis (25/8/2022).

Dengan ketinggian 3.078 mdpl, Gunung Ciremai memiliki magnet sekaligus menjadi primadona bagi para pecinta dan petualang alam.

Sebelumnya, gunung tertinggi di Jawa Barat ini memiliki empat jalur pendakian yaitu Linggajati, Linggasana, Palutungan dan Apuy.

Baca juga: Balik Gratis Sepeda Motor Naik Kapal Laut, KM Ciremai Angkut Ribuan Pemotor dari Semarang Ke Jakarta

Jalur baru ini akan menambah pengalaman para pendaki dengan karakternya sendiri dan memberikan sensasi berbeda.

Kepala Balai TN Gunung Ciremai (TNGC) Teguh Setiawan, menjelaskan jalur pendakian Trisakti Sadarehe ini memiliki 8 transit yang terdiri dari 3 transit camp dan 5 transit shelter.

Keunggulan jalur pendakian ini adalah padang savana yang membentang pada ketinggian 2.670 mdpl, pemandangan matahari terbit dan terbenam dan hamparan Edelweis.

“Buat Sobat Ciremai yang penasaran dengan Jalur Pendakian Trisakti Sadarehe ini, ayo segera jajaki. Jalur ini dibuka untuk umum mulai tanggal 26 Agustus 2022. Ditunggu pendaftarannya lewat booking online di laman www.bookingciremai.menlhk.go.id,” kata Teguh dalam keterangannya.

Baca juga: 35 Kg Bom Mother of Satan Ditemukan dan Diledakkan di Gunung Ciremai, Begini Proses serta Dampaknya 

Menurut Teguh, sejak tahun 2019, jalur Sadarehe telah dijajaki sebagai jalur pendakian baru yang sebelumnya selalu dijadikan jalur ilegal oleh para pendaki.

Untuk meminimalisir tingkat kecelakaan akibat pendakian ilegal, kelompok masyarakat Desa Payung Kec. Raja Galuh Kab. Majalengka mengajukan pengelolaan wisata pendakian di Jalur Sadarehe.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved