Tribunners / Citizen Journalism

Cara Remaja Muslimah Sidoarjo Peringati Hari AIDS Sedunia

Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember, diperingati oleh remaja Muslimah Sidoarjo dengan kegiatan positif.

Oleh :dwiayu.r

TRIBUNNERS - Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember, diperingati oleh remaja Muslimah Sidoarjo dengan kegiatan positif.

Minggu (29/11/2015) pagi, puluhan remaja Muslimah berkumpul di Taman Jalakaca, Juanda, untuk menghadiri acara bertema "Remaja Muslimah: Gaul Sehat Yes, Gaul Bebas No!"

Acara tersebut digagas oleh komunitas Cafe Dakwah yang bermarkas di Waru, Sedati, dan Gedangan.

Sejak pukul 07.00, para peserta telah berdatangan ke lokasi acara. Mereka terlebih dahulu diajak sarapan yang sudah disiapkan oleh panitia.

Rampung menikmati sarapan, para peserta kemudian diajak 'berkeringat' melalui kegiatan outbound. Setelah menikmati keseruan dan kebersamaan para peserta kemudian diajak mengikuti sesi diskusi yang dipandu oleh pemateri, Ustadzah Yanny Umayyah.

Dalam kesempatan itu pemateri memberikan informasi seputar penularan penyakit AIDS yang bisa ditularkan melalui hubungan seks di luar nikah atau pergaulan bebas.

Ia juga memberikan solusi untuk mencegah penyebaran AIDS di kalangan remaja Muslim, yaitu membatasi pergualan antara remaja pria dan wanita mengaju ajaran Islam.

Menurutnya dalam agama Islam, interaksi antara laki-laki dan perempuan dibatasi hanya dalam beberapa aspek-aspek tertentu saja, seperti pendidikan, perdagangan, kesehatan, dan lain sebagainya.

Sesi diskusi kemudian dilanjutkan sesi studi kasus. Dalam sesi ini dibahas sejumlah dinamikan kehidupan yang dialami oleh remaja dewasa ini.

Selain itu adapula sesi tanya jawab antara pemateri dan peserta.

Diharapkan melalui kegiatan yang berakhir pada pukul 10.00 ini, para peserta mampu mencegah penularan penyakit HIV AIDS, dan mampu membentengi diri dari pergaulan yang merugikan diri sendiri. 

Editor: Samuel Febrianto
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved