Tribunners / Citizen Journalism

Harapan Fraksi Nasdem untuk Pimpinan KPK Baru

Tugas pimpinan baru KPK tidaklah mudah, mengingat prestasi pemberantasan korupsi Indonesia hingga saat ini masih belum menggembirakan.

Harapan Fraksi Nasdem untuk Pimpinan KPK Baru
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Anggota DPR RI Komisi III Dari Fraksi Nasdem Amelia Anggraeni menunjukkan suara sah saat pemilihan Capim KPK oleh Komisi III DPR melalui mekanisme voting di Ruang Rapat Komisi III, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (17/12/2015). Melalui mekanisme voting dengan jumlah suara sah sejumlah 54 terpilih 5 capim KPK yaitu Alexander Marwata, Agus Rahardjo, Saut Situmorang, Irjen Pol. Basaria Panjaitan, dan Laode Muhamad Syarif. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Ditulis oleh : Fraksi NasDem

TRIBUNNERS - Lima orang pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah dipilih oleh Komisi III DPR melalui mekanisme voting, termasuk memilih satu di antaranya selaku ketua KPK.

Voting dilakukan, setelah musyawarah tak menemukan titik mufakat, mengingat komposisi delapan calon agak rumit dikerucutkan menjadi kesimpulan tunggal yang disepakati seluruh anggota.

Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai NasDem, mengapresiasi proses seleksi Calon Pimpinan (Pansel) KPK yang telah telah berakhir Kamis kemarin (17/12).

“Secara umum, proses seleksi Capim KPK berjalan baik, meski sempat terhadi perbedaan pendapat antara Komisi III DPR dengan Pansel (Panitia Seleksi-red) KPK. Dinamika akhirnya berjalan dengan baik dan sehat,” kata legislator dari Daerah Pemilihan Jawa Tengah VII ini.

Setelah dipilih oleh Komisi III DPR, lima orang Capim KPK ditetapkan oleh DPR dalam Sidang Paripurna hari ini, Jumat (18/12/2015).

Ada pun kelima Capim terpilih itu adalah Basaria Panjaitan, Alexander Marwata, Agus Rahardjo, Laode M Syarif dan Saut Situmorang. Sedangkan Ketua KPK terpilih yaitu, Agus Rahardjo yang didukung 44 suara anggota Komisi III DPR.

Meski beberapa suara bernada sumir terhadap pimpinan KPK yang baru, Amel menilai keseluruhan proses sudah berjalan dengan benar.

Proses seleksi yang ketat, berikut bobot dan penilaian yang memadai terhadap para Capim, menurut Amel bisa menjadi jaminan awal, bahwa para pimpian baru KPK bisa mengawal proses pemberantasan korupsi ke depan. Menurutnya, para pimpinan terpilih itu juga sesuai dengan pilihan yang ditetapkan fraksinya, Parta NasDem.

“Alhamdulillah, pimpinan KPK baru ini sesuai dengan yang kita harapkan,” ungkap Amel.

Halaman
12
Editor: Samuel Febrianto
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved