Breaking News:

Tribunners / Citizen Journalism

Masyarakat Harus Dilibatkan untuk Tekan Kematian Ibu

Sekretaris Jenderal Pengurus Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Tuminah Wiratmoko mengatakan, salah satu penyebab kegagalan pemerintah menekan angka kemati

Ditulis oleh : Didik Purwondanu Peniliti PATTIRO

TRIBUNNERS - Menteri Kesehatan Nila Moeloek mencatat setidaknya ada lima target pencapaian Pembangunan Milenium (MDGs) di sektor kesehatan yang mendapat nilai merah.

Salah satunya target untuk menekan angka kematian ibu.

Sekretaris Jenderal Pengurus Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Tuminah Wiratmoko mengatakan, salah satu penyebab kegagalan pemerintah menekan angka kematian ibu, adalah rendahnya kualitas bidan puskesmas di desa. 

Pernyataan tersebut sejalan dengan hasil riset yang PATTIRO lakukan di 100 desa di Provinsi Sulawesi Selatan, dan Banten.

Berdasarkan data yang PATTIRO himpun, masih sangat banyak bidan desa yang tidak melakukan tugasnya dalam melakukan promosi kesehatan.

Promosi kesehatan yang dimaksud adalah tugas mengedukasi masyarakat terutama ibu hamil dan keluarganya, mengenai pentingnya mengikuti Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K).

P4K terdiri dari, melahirkan di fasilitas kesehatan, dan melakukan perawatan kesehatan paska melahirkan.

"Bidan desa di 100 desa tersebut yang menganjurkan P4K hanya 49.4%, yang mensosialisasikan pentingnya melahirkan di faskes hanya 49,7%, sedangkan yang mengedukasi ibu hamil agar melakukan perawatan kesehatan paska melahirkan tidak lebih dari 56%," ujar Peneliti PATTIRO, Didik Purwondanu.

Agar kesalahan serupa tidak terulang, Kementerian Kesehatan harus memberikan ruang partisipasi yang lebih luas kepada masyarakat dan pihak non-pemerintah mengawasi kinerja bidan desa.

Halaman
123
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved