Tribunners / Citizen Journalism

Wakil Rakyat Puas Kementerian ESDM Berencana Kembangkan Energi Nuklir

Kurtubi tidak bisa menyembunyikan kebahagiaannya saat salah satu poin kesimpulan Rapat Kerja Komisi VII dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mine

Wakil Rakyat Puas Kementerian ESDM Berencana Kembangkan Energi Nuklir
NET
Kurtubi, pakar perminyakan.

Ditulis oleh :  Fraksi NasDem

TRIBUNNERS - Kurtubi tidak bisa menyembunyikan kebahagiaannya saat salah satu poin kesimpulan Rapat Kerja Komisi VII dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Rabu (3/2/2016) mencantumkan pengembangan listrik tenaga nuklir‎.

Maklum, di hampir setiap kesempatan rapat terkait ESDM, dia selalu menyinggung soal PLTN.

"Lebih 50 tahun yang lalu, Proklamator Bung Karno sudah meminta agar Indonesia bisa menanfaatkan tenaga nuklir. Saat ini listrik kita sangat kurang, sering terjadi pemadaman, investasi terhambat," ujarnya di suatu kesempatan.

Menurut politisi NasDem ini, ketersediaan listrik bagi seluruh warga adalah mutlak adanya, terutama bagi mereka yang ada di pelosok.

Selain itu, ketersediaan listrik berpengaruh secara signifikan dalam konteks pengembangan ekonomi nasional.

‎Bagi Kurtubi, proyek 35 ribu MW yang mulai dikerjakan oleh pemerintah saat ini, tetap tidak akan menutup kebutuhan listrik nasional.

Oleh karena itu pemanfaatan nuklir menjadi opsi yang harus diperhatikan secara sungguh-sungguh oleh pemerintah. Apalagi, sejumlah negara di ASEAN ini tengah memulai proyek pembangunan PLTN.

"Saat ini PLTN sedang dibangun di 69 negara termasuk Vietnam dan menyusul Malaysia, Philipina dan Thailand. Di Indonesia terdapat Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) dan Badan Pengawas Tenaga Nuklir, namun disayangkan tidak dimaksimalkan perannya dalam pengembangan tenaga listrik," ucapnya .

Kurtubi mengatakan, perihal PLTN, sering menjadi pembahasan dalam rapat-rapat Komisi VII. 

Halaman
12
Editor: Samuel Febrianto
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved