Breaking News:

Tribunners / Citizen Journalism

Potret Buram Kemiskinan di Indonesia Ini Penyebabnya

Keadaan masyarakat Indonesia pada saat ini dirasakan masih sangat memprihatinkan. Banyaknya masyarakat yang belum mendapatkan kesejahteraan yang laya

zoom-inlihat foto Potret Buram Kemiskinan di Indonesia Ini Penyebabnya
IST
Ilustrasi: Kemiskinan

Ditulis oleh : Eka Setiawan Tamimi, Mahasiswa

TRIBUNNERS - Keadaan masyarakat Indonesia pada saat ini dirasakan masih sangat memprihatinkan. Banyaknya masyarakat yang belum mendapatkan kesejahteraan yang layak untuk keberlangsungan hidupnya.

Minimnya lapangan pekerjaan,pembangunan yang tidak merata dan kepadatan penduduk di masing-masing daerah menjadi salah satu contoh penyebab banyaknya pengangguran di Indonesia.

Rendahnya Sumber Daya Manusia (SDM), masih belum bisa mengembangkan potensinya terhadap SDA yang ada, sehingga SDA yang kita punya belum dapat diolah sendiri.

Hal itu disebabkan rendahnya mutu pendidikan yang ada di Indonesia.

Ditambahkan, sebanyak 63 persen penduduk miskin Indonesia berada di pedesaan dan mayoritas adalah petani dan nelayan.

Sementara jumlah pengangguran masih sekitar tujuh persen dari seluruh angkatan kerja.

Kondisi yang demikian, bangsa Indonesia menghadapi sejumlah masalah mendasar berupa berbagai kesenjangan sosial dan ekonomi, serta kesenjangan antar daerah dan antar kawasan, serta infrastruktur yang tidak merata.

Secara ekonomi, Indonesia memang masuk dalam 16 terbesar di dunia karena Indonesia memang kaya dan memiliki wilayah yang luas dengan jumlah penduduk nomor empat terbanyak di dunia.

Namun pengelolaan sumberdaya alam yang tidak baik mengakibatkan banyaknya kemiskinan dan naiknya harga-harga bahan pokok yang siknifikan.

Halaman
1234
Editor: Samuel Febrianto
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved