Blog Tribunners

6 Cara Menghilangkan Bau Tidak Sedap pada Sepatu

Bagaimana cara menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu? Mari kita simak tips berikut ini.

6 Cara Menghilangkan Bau Tidak Sedap pada Sepatu
www.jejamo.com
Selain mengganggu orang lain, bau tidak sedap pada sepatu juga membuat kita tidak pede 

TRIBUNNERS - Sepatu adalah benda yang tidak terpisahkan dalam kegiatan sehari-hari.

Sepatu dapat dikatakan selalu menemani kaki kita baik saat bekerja, sekolah, atau pada waktu bepergian.

Namun, sepatu bisa menjadi musuh jika menimbulkan bau tak sedap.

Selain tidak nyaman, bau tidak sedap yang ditimbulkan juga dapat mengganggu orang di sekitar kita.

Apalagi pada saat acara perkumpulan, rapat, atau pertemuan penting, hal ini akan membuat kita tidak pede.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu? Berikut kita simak tips agar bau tidak sedap pada sepatu bisa hilang.

1       Ganti sepatu dan kaos kaki secara berkala

Memakai sepatu dan kaos kaki dalam waktu yang cukup lama dapat menyebabkan bau tidak sedap. Hal ini dikarenakan kotoran dan bakteri menumpuk menjadi satu, sehingga menyebabkan bau. Gantilah sepatu dan kaos kaki selama dua atau tiga hari sekali.

Untuk itu, perlu adanya sepatu dan kaos kaki cadangan. Sepatu yang telah dipakai bisa dibersihkan atau dijemur agar tidak lembab. Sedangkan kaos kaki segera dicuci agar kuman-kuman yang menimbulkan bau bisa hilang.

2       Pakai kaos kaki bersih sebelum memakai sepatu

Memakai kaos kaki dapat melindungi kaki dari risiko lecet akibat gesekan kulit dengan sepatu. Selain itu, kaos kaki ternyata dapat menyerap keringat akibat tertutup sepatu, sehingga mampu menghambat pertumbuhan bakteri dalam sepatu.

Tapi ingat, kaos kaki yang dipakai harus kaos kaki yang bersih. Kaos kaki kotor yang telah dipakai berulang kali malah akan menimbulkan bau tak sedap karena penumpukan bakteri.

3       Jangan pakai sepatu dalam kondisi kaki masih basah

Ketika akan memakai sepatu, usahakan kaki dalam keadaan kering. Jangan memakai sepatu dalam kondisi kaki masih basah karena akan mengakibatkan sepatu menjadi lembab dan menimbulkan bau tak sedap.

4       Angin-anginkan sepatu setelah dipakai

Setelah sepatu dipakai sepulang dari kerja, bepergian, atau sekolah, letakkan sepatu di tempat yang terbuka.

Angin-anginkan sepatu agar ruang dalam sepatu kering. Angin akan dapat menyegarkan ruang sepatu. Selain itu dapat mengeringkan keringat, sehingga sepatu akan terasa nyaman saat dipakai kembali.  

5       Letakkan sepatu di tempat terbuka jika sepatu basah

Bila sepatu basah, jangan diletakkan langsung di rak sepatu. Letakkan sepatu di tempat terbuka terlebih dahulu agar terkena udara dan cepat kering.

Meletakkan sepatu basah di ruang tertutup justru berpotensi menimbulkan bau tak sedap karena sepatu tetap lembab. Terlebih jika sepatu basah setelah terkena hujan, jemurlah dulu sampai benar-benar kering sebelum dipakai.

Bila sepatu terbuat dari kain, lebih baik dicuci terlebih dahulu agar kotoran yang menempel bisa hilang. Kemudian baru dijemur sampai kering. Sepatu yang basah dan lembab, akan cepat berbau busuk karena menjadi sarang kuman dan bakteri.

6       Usir bau sepatu dengan kopi

Bila sepatu terbuat dari bahan yang tidak bisa dicuci, maka ada cara alami untuk mengusir bau pada sepatu dengan menggunakan kopi. Ambil sesendok bubuk kopi dan bungkus dengan tisu. Kemudian masukkan bungkusan kopi ke dalam sepatu.

Biarkan selama semalam. Pagi harinya, ambil bungkusan kopi dan sepatu bisa dipakai kembali. Bubuk kopi dapat mentralisir bau tak sedap pada sepatu.

Demikian beberapa cara menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu. Tips di atas cukup praktis dan mudah dipraktikkan untuk menunjang penampilan kita sehari-hari. Selamat mencoba!

Penulis: Ika Safitri Ningsih
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved