Blog Tribunners

5 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

Cara menurunkan kolesterol secara alami dan cepat masih belum banyak diketahui oleh penderita kolesterol tinggi.

5 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami
Tribun Lampung
Jus alpukat. 

TRIBUNNERS - Cara menurunkan kolesterol secara alami dan cepat masih belum banyak diketahui oleh penderita kolesterol tinggi.

Padahal hal ini sangatlah penting, agar kadar kolesterol dalam tubuhnya bisa terkendali dan tidak memicu penyakit lain. Kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh sangatlah membahayakan penderitanya, tidak jarang pula banyak kasus kematian yang disebabkan oleh kondisi ini.

Tercatat di setiap tahunnya, hampir ribuan orang yang meninggal karena penyakit yang satu ini. Kadar kolesterol tinggi biasanya disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat dan pola makan sembarangan.

Bagi Anda yang saat ini sudah terlanjur memiliki kadar kolesterol tinggi sebaiknya membaca artikel ini jika masih menyayangi nyawa Anda.
Langsung saja kita simak ulasan lengkap tentang 6 cara menurunkan kolesterol secara alami dan sehat tanpa efek samping:

1.Mengkonsumsi Buah Delima

Cara menurunkan kadar kolesterol yang pertama yaitu dengan mengkonsumsi buah delima.Di dalam buah delima terkandung zat antioksidan yang sangat tinggi, zat tersebut berjenis polifenol yang mampu menurunkan kolesterol jahat secara alami.

Dan telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa mengkonumsi jus delima setiap hari mampu memperlambat penumpukan kolesterol di dalam arteri.

2. Kacang Almond

Sejumlah penelitian melaporkan terjadi penurunan 10% kolesterol buruk (LDL) untuk penderita yang mengkonsumsi almond dibandingkan mereka yang tidak. Penurunan ini terjadi tanpa merugikan kadar kolesterol baik (HDL). Untuk mencapai penurunan 10% kolesterol LDL anda diwajibkan makan di sekitar 73 gram almond per hari.

Kacang almond pun juga terbilang sangat cepat dalam menurunkan kolesterol dalam tubuh. Persentasenya saja sampai 10% dari jumlah kolesterol dalam tubuh.Jadi tidak heran, apabila banyak pakar kesehatan yang menyarankan penderita kolesterol agar rutin mengkonsumsi kacang almond minimal 73 gram setiap harinya.

3. Ikan Salmon

Cara menurunkan kolesterol secara alami dan cepat berikutnya yaitu dengan mengkonsumsi ikan salmon. Ikan salmon adalah salah satu jenis ikan yang tinggi akan kandungan Omega-3nya. Omega-3 dalam ikan salmon tersebut bermanfaat untuk meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan trigliserida. Dengan demikian, ikan salmon mampu mencegah tingginya kadar kolesterol.

Untuk menurunkan kadar kolesterol menggunakan ikan salmon, Anda bisa mengolahnya menjadi aneka menu makanan yang lezat. Bahkan minyak ikan salmon pun juga bisa Anda manfaatkan.

Halaman
12
Penulis: tinah sutinah
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved