Blog Tribunners

6 Tips Mencegah Komedo Secara Alami

Dan berikut, 6 tips untuk mencegah komedo dengan cara mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan zat yang berguna

6 Tips Mencegah Komedo Secara Alami
ISTIMEWA
Ilustrasi 

TRIBUNNERS - Ada banyak cara untuk mencegah komedo, salah satu cara untuk mencegahnya ialah dari makanan yang kita makan sehari - hari, maka dari itu makanan sangat berpengaruh bagi kesehatan kulit. Jika kulit tidak sehat atau berkomedo, itu menandakan bahwa makanan yang di konsumsi tidak dapat memenuhi nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh.

Dan berikut, 6 tips untuk mencegah komedo dengan cara mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan zat yang berguna untuk perawatan wajah, misalnya :

1. Vitamin E dan C.

Vitamin E & C berfungsi sebagai antioksidan pada kulit. Contoh penghasil vitamin C diantaranya jeruk, pepaya, tomat, atau kiwi. Sedangkan contoh penghasil vitamin E diantaranya kacang-kacangan, minyak zaitun, brokoli, alpukat, dan sayuran hijau.

2. Vitamin A.

Vitamin A berfungsi sebagai zat yang membantu dalam mengatur siklus regenerasi kulit agar tidak ada lagi protein serta minyak penyebab jerawat yang tersumbat. Contoh makanan yang mengandung vitamin A adalah minyak ikan salmon, wortel, bayam, dan brokoli. Tetapi, dianjurkan tidak mengkonsumsi secara berlebihan vitamin A karena bersifat toksik (racun).

3. Omega 3.

Asam lemak omega 3 bisa membantu mencegah molekul yang dapat menyebabkan inflamasi (peradangan) yang berpotensi menimbulkan gangguan pada kulit. Makanan yang mengandung omega 3 contohnya seperti ikan laut, minyak, dan kacang-kacangan.

4. Zinc (seng).

Orang yang berjerawat atau berkomedo biasanya mempunyai kadar seng yang rendah. Seng (zinc) berfungsi untuk meredakan kulit yang iritasi. Makanan Sumber zinc diantaranya kacang almond, kacang-kacangan, dan daging.

5. Selenium.

Selenium adalah salah satu mineral yang mengandung antioksidan, sehingga bisa melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas. Vitamin E serta selenium diharapkan dapat mempercepat sembuhnya jerawat mupun komedo. Makanan yang mengandung selenium contohnya seperti daging, salmon, kacang, telur, dan beras merah.

6. Air Putih

Para Ahli kesehatan menyarankan kita agar secara rutin mengkonsumsi air putih dengan teratur sebanyak 8-12 gelas perhari, hal ini berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Bahkan tidak hanya untuk menjaga kesehatan tubuh, tetapi air putih juga dapat digunakan untuk terapi kecantikan.

Selengkapnya

Penulis: tinah sutinah
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved