Tribunners / Citizen Journalism

Pilpres 2019

Kans Jokowi vs Prabowo Pada Pilpres 2019

Pasangan Ma’ruf Amin-Sandiaga Uno mempunyai plus-minus bagi capres Jokowi dan Prabowo.

Kans Jokowi vs Prabowo Pada Pilpres 2019
Kolase Instagram
Pasangan Capres Cawapres, Jokowi-Maruf Amin dan Prabowo-Sandiaga Uno 

Oleh Pangi Syarwi Chaniago

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting

TRIBUNNEWS.COM,JAKARTA-Drama panjang penentuan cawapres telah mencapai klimaks, pasca Jokowi mendeklarasikan pasangannya untuk berlaga pada pilres 2019 nanti, nama ketua MUI Kiai Maruf Amin menjadi pilihan Jokowi dan poros ini dinamakan Koalisi Indonesia Kerja (KIK).

Tidak mau ketinggalan kubu Prabowo menjawab keraguan publik dengan mendeklarasikan pasangannya, nama Sandiaga Salahuddin Uno dipilih.

Jatuhnya pilihan terhadap Sandiaga Uno, di luar prediksi (efek kejut). Asumsi nama yang berkembang selama ini, Prabowo santer akan berpasangan dengan sosok ulama sesuai hasil rekomendasi dari Ijtima Ulama GNPF.

Pasangan Maruf Amin-Sandiaga Uno mempunyai plus-minus bagi capres Jokowi dan Prabowo. Oleh karena itu, cawapres menjadi faktor kunci penentu kemenangan pada kontestasi pilpres 2019 nanti.

Maruf Amin sebetulnya bukan lah nama baru dipentas politik nasional, beliau adalah tokoh sentral MUI dan NU dan sangat berpengaruh.

Setidaknya ada beberapa kelebihan beliau yang membuat Jokowi jatuh hati pada nama ini.

Pertama; non partisan. Beliau bukan lah kader salah satu partai koalisi pengusung Jokowi, tingkat penerimaan (akseptabel) anggota koalisi cukup tinggi dan solid, sementara itu resistensi partai koalisi rendah.

Kedua; menjawab isu SARA. Tidak diragukan lagi sosok Maruf Amin adalah Ulama kharismatik yang disegani dikalangan NU dan saat ini beliau masih menjabat sebagai Ketua MUI, sebuah lembaga tempat bernaungnya para ulama dari pelbagai macam organisasi dari seluruh pelosok Indonesia.

Halaman
1234
Editor: Rachmat Hidayat
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved