Blog Tribunners

9 Cara Menghilangkan Jerawat

Jerawat kerap mengganggu kepercayaan diri, kaum remaja, terutama para wanita. Berikut beberapa tips untuk mencegah timbulnya jerawat.

Grid.ID
Ilustrasi orang yang mudah jerawatan 

TRIBUNNERS - Jerawat kerap mengganggu kepercayaan diri, kaum remaja, terutama para wanita. Berikut beberapa tips untuk mencegah timbulnya jerawat.

1 Kurangi menyentuh wajah
Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kurangilah kebiasaan kamu dalam menyentuh langsung wajah dengan tangan, apalagi jika tangan kamu tidak dalam kondisi bersih. Jika hal seperti itu sering dibiasakan maka kemungkinan besar jerawat akan sangat mudah tumbuh pada wajah kamu.

2 Rutin mencuci wajah
Pencegahan berikutnya adalah kamu harus rutin mencuci wajah, bisakah kamu ingat berapa kali kamu mencuci wajah dalam sehari? Maksud dari rutin mencuci wajah adalah jika kamu mempunyai kegiatan di daerah terbuka atau di lingkungan yang memiliki polusi, maka biasakanlah mencuci wajah setelah melakukan kegiatan tersebut.

Berbeda dengan sering mencuci wajah, jika kamu terlalu sering mencuci wajah maka yang ada malah justru kulit wajah kamu menjadi rusak dan bisa juga menyebabkan iritasi kulit. Hiiii.. mengerikan kan? jadi aturlah kebiasaan cuci wajah anda.

3 Pakai make up yang sewajarnya
Baik wanita atau pria pastinya kalian ada yang suka sekali memakai make up. Ya, make up adalah sebuah riasan untuk wajah seseorang supaya dia terlihat cantik atau tampan dengan make up tersebut. Namun kamu juga harus perhatikan satu hal, yaitu jangan terlalu sering menggunakan make up atau gunakanlah make up sewajarnya jangan berlebihan.

4 Menjaga kebersihan rambut
Apa kamu sering melihat orang yang memiliki jerawat di bagian dahi mereka? Nah itulah salah satu contoh akibat mereka jarang memperhatikan kebersihan rambut mereka.

Apa hubungannya? penyebabnya adalah jika rambut kamu tidak diperhatikandan jarang sekali dibersihkan maka pada rambut kamu akan tumbuh beberapa kuman atau bakteri dalam bentuk sebuah debu atau yang lainnya. Nah debu tersebut nantinya akan menempel pada bagian dahi anda, sehingga dapat menyebebkan munculnya jerawat.

5 Hindari wajah dari paparan sinar matahari langsung
Perlu kamu ketahui juga bahwa jerawat dapat muncul akibat dari wajah terkena sinar matahari langsung loh, jadi sebisa mungkin lindungilah wajah anda dengan masker, topi, kerudung atau yang lainnya. Tidak hanya melindungi kamu dari sinar matahari, topi, kerudung dan masker juga dapat melindungi kamu dari polusi.

6 Banyak Mengkonsumsi air putih
Dengan mengkonsumsi air putih minimal sebanyak 1 liter per hari, hal itu dapat membantu anda dalam mengatur kadar minyak dan kelembapan kulit anda. Sehingga akan sedikit kemungkinan jerawat tumbuh pada wajah anda.

7 Menjaga asupan makanan
Mulai dari sekarang hindarilah makanan luar seperti yang memiliki kandugan serat sedikit dan minyak, dan biasakanlah konsumsi makanan yang memiliki kandungan serat dan vitamin guna agar kulit kamu tetap sehat dan tidak mudah diserang penyakit.

8 Selalu berfikir positif
Biasakan selalu mempunyai pemikiran positif, hal ini dapat membuat kondisi tubuh anda tenang bahkan dapat mencegah tumbuhnya jerawat pada wajah anda.

9 Hindari stress
Carilah kegiatan yang dapat membuat pikiran kamu menjadi tenang dan nyaman, karena hal seperti itu dapat membantu anda terhindar dari stress.

 

Selengkapnya

Penulis: aji herbal
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved