Tribunners / Citizen Journalism

Olahraga Alat Pemersatu Bangsa, Dulu dan Harusnya Juga Sekarang

MEMBANGUN olahraga, membangun bangsa!" pekik Bung Karno saat membuka Asian Games ke-IV, 1962, di hadapan 110.000 pasang mata yang memenuhi Stadion

Olahraga Alat Pemersatu Bangsa, Dulu dan Harusnya Juga Sekarang
dok pribadi
Marciano Norman Ketua Umum KONI Pusat 

Oleh: M. Nigara

"MEMBANGUN olahraga, membangun bangsa!" pekik Bung Karno saat membuka Asian Games ke-IV, 1962, di hadapan 110.000 pasang mata yang memenuhi Stadion Utama, Gelora Bung Karno, Jakarta.

"Di sini, di Surakarta kita bangun Indonesia melalui olahraga," kata Susuhunan Pakubuwono XI, raja Surakarta, selepas Indonesia gagal mengikuti Olimpiade akibat blokade Belanda, 1948.

Bung Karno dan Bung Hatta serta seluruh elit republik yang baru tiga tahun merdeka, menyelenggarakan Pekan Olahraga Nasional ( PON-I) di Surakarta. Menurut wikipedia: Sejumlah tamu penting juga hadir, di antaranya Menteri Pertahanan Sri Sultan Hamengkubuwono IX, Sri Susuhunan Pakubuwono XI (tuan rumah), dan Panglima Besar TNI Jenderal Sudirman.

Turut hadir pula anggota-anggota Komisi Tiga Negara (KTN)—komisi bentukan Dewan Keamanan PBB untuk menengahi konflik Indonesia-Belanda—yakni Merle Cochran (mewakili Amerika Serikat), Thomas Critchley (Australia), dan Paul van Zeeland (Belgia); Konsul Jenderal Inggris Shepherd; serta Konsul Jenderal India Raghavan beserta wakilnya Mohammad Yunus.

Penyelenggaraan PON I ini jelas mengandung pesan politik:

Keluar

1. Menunjukkan kepada Belanda bahwa Indonesia adalah negara berdaulat. Soal ini pun disinggung pula oleh Presiden Sukarno dalam pidato pembukaannya.

Kedalam

2. Memperlihatkan Kesatuan dan persatuan . (Menggugah rasa nasionalisme sesama penghuni Nusantara.

Halaman
123
Editor: Toni Bramantoro
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved