Tribunners / Citizen Journalism

Kabinet Jokowi

Nadiem, yang Muda yang Amanah

Yang muda yang diberi amanah. Yang muda yang diharapkan dapat mengemban amanah.

Nadiem, yang Muda yang Amanah
Ist/Tribunnews.com
Dr. Wisnu S. Dewobroto. 

Oleh: Dr Wisnu S Dewobroto

TRIBUNNEWS.COM - Yang muda yang diberi amanah. Yang muda yang diharapkan dapat mengemban amanah.

Itulah yang terjadi dengan Nadiem Anwar Makarim, anak muda berusia 35 tahun, pendiri dan chief executive officer (CEO) Gojek, yang pada Rabu (23/10/2019) lalu dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Tokoh-tokoh muda lainnya yang diberi amanah Presiden Jokowi masuk ke dalam Kabinet Indonesia Maju, kelanjutan dari Kabinet Kerja, adalah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir (49 tahun), Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BPKM) Bahlil Lahadalia (33), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio (49) dan wakilnya Angela Hary Tanoesoedibjo (32), serta Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga (34).

Sebelum memilih menteri dari kawula muda itu mungkin Presiden Jokowi terngiang akan ungkapan Bung Karno, "Beri aku sepuluh pemuda maka aku akan mengguncang dunia."

Nadiem Anwar Makarim mengunjungi ruang perpustakaan saat berkeliling Kantor Kemendikbud usai serah terima jabatan (sertijab), di Jakarta Pusat, Rabu (23/10/2019). Eks CEO Gojek, Nadiem Makarim ditunjuk Presiden Jokowi sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, dan Pendidikan Tinggi (Mendikbud Dikti) pada Kabinet Indonesia Maju 2019-2024. Warta Kota/Ricky Martin Wijaya
Nadiem Anwar Makarim mengunjungi ruang perpustakaan saat berkeliling Kantor Kemendikbud usai serah terima jabatan (sertijab), di Jakarta Pusat, Rabu (23/10/2019). Eks CEO Gojek, Nadiem Makarim ditunjuk Presiden Jokowi sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, dan Pendidikan Tinggi (Mendikbud Dikti) pada Kabinet Indonesia Maju 2019-2024. Warta Kota/Ricky Martin Wijaya (Warta Kota/Ricky Martin Wijaya)

Dengan amanah yang besar itu, sudah sepatutnya bila para pemuda itu mengimbanginya dengan performa atau kinerja serta integritas yang tinggi. Selain kreatif, inovatif, dan produktif, para tokoh muda yang diberi amanah sebagai menteri dan wakil menteri atau kepala badan itu tidak boleh koruptif.

Hal pertama yang diamanatkan Presiden Jokowi saat mengumumkan nama-nama menteri itu ialah agar para pembantunya itu tidak korupsi.

Selain terinspirasi ungkapan Bung Karno, pengangkatan Nadiem Makarim sebagai Mendikbud adalah karena Presiden Jokowi sebagai seorang inovator pastinya lebih memilih menteri yang juga punya karakteristik yang sama dan sebangun dengan dirinya.

Karakter anak muda yang selalu berinovasi, berorientasi kepada tindakan dan belajar dari kesalahan yang sudah menjadi suatu kebiasaan.

Nadiem adalah "game changer" (pengubah permainan). Sebab itu, setelah program-program di Kemendikbud tidak banyak berubah selama puluhan tahun, kini saatnya Nadiem diterjunkan untuk bisa melakukan perubahan dengan cepat seperti dia mendobrak perusahaan beraset besar (Gojek) yang tidak membutuhkan waktu lama.

Halaman
123
Editor: Hasanudin Aco
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved