Tribunners / Citizen Journalism

Sepak Bola Indonesia Dikhianati Para Pemiliknya

Beberapa pemilik hak suara (voter) secara diam-diam melakukan testimoni meskipun dengan embel-embel minta jati dirinya tidak disebutkan.

Sepak Bola Indonesia Dikhianati Para Pemiliknya
Ist/Tribunnews.com
Rudi S Kamri. 

Oleh: Rudi S Kamri
Pencinta Sepak Bola Indonesia

TRIBUNNEWS.COM - Entah saya harus bicara apa lagi melihat drama di Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI yang telah berlangsung, 2 November 2019 lalu, secara nyata para pemangku kepentingan (stakeholders) langsung di PSSI telah menunjukkan betapa bar-barnya perebutan kekuasaan di tampuk PSSI.

Ada calon ketua umum protes terhadap agenda KLB, bukan dijelaskan dengan baik dan bijak malah berbuntut pengusiran oleh panitia dengan mengerahkan para preman bayaran. Aura demokrasi seolah tidak pernah hadir di setiap Kongres PSSI.

Ada catatan menarik tentang KLB PSSI yang baru lewat.

Pertama, aroma kental money politics (politik uang). Meskipun tidak pernah diakui oleh siapa pun, nyatanya tetap terjadi.

Modus ini seperti orang buang angin, baunya menyengat tapi wujudnya tak kelihatan.

Kedua, aroma intimidasi.

Baca: Isi Pembicaraan Telfon Iwan Bule dan Presiden FIFA Usai Jadi Ketua Umum PSSI

Semua pihak pasti mengelak melakukan hal ini, tapi nyatanya masih terjadi juga.

Beberapa pemilik hak suara (voter) secara diam-diam melakukan testimoni meskipun dengan embel-embel minta jati dirinya tidak disebutkan.

Adu kuat, adu uang dan adu kuasa masih mewarnai kontestasi pimpinan PSSI. Tagline "sepak bola seharusnya diurus oleh orang yang mengerti bola", ternyata tidak berlaku di tubuh federasi sepak bola Indonesia.

Halaman
123
Editor: Hasanudin Aco
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved