Tribunners / Citizen Journalism

Virus Corona

Pandemik Corona dan Potensi Perang Intelijen Berbasis Bioteknologi

Bencana terjangan virus Corona yang bermula di Wuhan, Hubei, Tiongkok ini seolah bisa diramalkan akan terjadi sejak 40 tahun lalu

Pandemik Corona dan Potensi Perang Intelijen Berbasis Bioteknologi
Tribunnews.com
Suhendra Hadikuntono. 

Oleh: Suhendra Hadikuntono

BILA kita pernah membaca novel scientific-thriller karangan Dean Koontz berjudul "The Eyes of Darkness" (TEOD) yang terbit tahun 1981, kita akan tercengang dan takjub.

Alur ceritanya seolah ada benang merah dengan peristiwa pandemik Coronavirus atau Covid-19 yang terjadi saat ini. 

Bencana terjangan virus Corona yang bermula di Wuhan, Hubei, Tiongkok ini seolah bisa diramalkan akan terjadi sejak 40 tahun lalu. 

Meskipun nama virus, objek sasaran dan sistem epidemiknya berbeda, namun Koontz bisa menggambarkan dengan jernih dan rinci serangan senjata biologis buatan Rusia dan diledakkan di Wuhan tersebut.

Koontz bukan penulis biasa.

Dia selalu melakukan riset dan berbasis referensi yang dipadukan dengan estimasi dan prediksi geopolitik global pasca-perang dingin.

Senada dengan TEOD adalah film fiksi ilmiah "Mission Imposible" yang dibintangi Tom Cruise, yang juga sering menampilkan serangan bioteknologi tingkat global yang dikemas dengan tindakan intelijen dan kontra-intelijen.

Dari dua contoh di atas saya memprediksi perang masa depan bukan lagi mengandalkan senjata berat artileri atau bom, melainkan lebih cenderung perang intelijen dengan berbagai cara, salah satunya menggunakan senjata biologis atau bioteknologi.

Perang intelijen dengan bioteknologi ini membutuhkan riset yang panjang, namun ada keunggulannya yaitu sulit terdeteksi dan bisa berdampak destruktif yang lebih masif dan sistemik.

Halaman
1234
Editor: Dewi Agustina
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved