Breaking News:

Tribunners / Citizen Journalism

Habibie dan Kesinambungan Industri Pesawat Terbang Nasional

R dalam R80 sendiri bermakna Regional. Sedangkan 80 bermakna jumlah penumpang. Karena R80 bisa menampung 80-90 penumpang.

TRIBUN JABAR/TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Penjaga stan mengajak pengunjung berpartisipasi dalam bentuk sumbangan dana atau crowdfunding melalui platform Kitabisa.com untuk mewujudkan pembuatan prototipe pesawat R80 pada Islamic Festival Book Fair Jabar di Balai Asri Pusdai Jabar, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (28/11/2017). (TRIBUN JABAR/GANI 

Oleh Delianur

Pemerhati Kemasyarakatan dan Masalah Kedirgantaraan

Tinggal di Bandung

PADA gelaran festival teknologi 7-13 Agustus 2017 yang dilaksanakan Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf) pesawat R80 turut dipamerkan.

Pesawat R80 akan dibuat PT Regio Aviasi Industri (RAI) mulai dari tahapan desain produksi, sertifikasi sampai assembly.

PT RAI sendiri adalah sebuah perusahaan yang didirikan Presiden Indonesia Ke-3, BJ Habibie, beserta putranya Ilham Habibie.

Pada waktu itu projek R80 masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) melalui Peraturan Presiden Nomor 58 tahun 2017. Sebuah keputusan Presiden yang dalam 3 tahun belakang kita ketahui dianulir.

R80 dikeluarkan dari PSN dengan alasan negara sedang krisis keuangan karena sedang menghadapi pandemi Corona.

Meski pada waktu bersamaan pemerintah tetap mencantumkan proyek Pesawat Udara Nir Awak (PUNA) Drone Elang Hitam Kombaan, Elang Hitam (EH-4) dan EH-5 yang dibuat Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Penjaga stan mengajak pengunjung berpartisipasi dalam bentuk sumbangan dana atau crowdfunding melalui platform Kitabisa.com untuk mewujudkan pembuatan prototipe pesawat R80 pada Islamic Festival Book Fair Jabar di Balai Asri Pusdai Jabar, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (28/11/2017). (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)
Penjaga stan mengajak pengunjung berpartisipasi dalam bentuk sumbangan dana atau crowdfunding melalui platform Kitabisa.com untuk mewujudkan pembuatan prototipe pesawat R80 pada Islamic Festival Book Fair Jabar di Balai Asri Pusdai Jabar, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (28/11/2017). (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) (TRIBUN JABAR/TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)

R80 sendiri adalah sebuah pesawat komersial yang memiliki dimensi panjang 32,3 meter dengan sayap lebar 30,5 meter dan tinggi 8,5 meter.

Halaman
1234
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved